Jumat, 10 July 2020

Posko GTPP Covid-19 Sergai Terima Bantuan Apindo Sumut


#jack, sergai

Ketua Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Sergai menerima bantuan dari Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sumut bersama DPK Apindo Sergai. Bantuan beras ukuran 5 kg sebanyak 2,5 ton, sabun sebanyak 1008 kemasan, minyak goreng sebanyak 500 liter, gula pasir 500 kg dan biskuit

Bantuan Apindo Sumut dan DPK Apindo Sergai diserahkan Ketuanya Parlindungan Purba diterima Ketua Posko Tugas Covid-19 Ir H Soekirman di Rumah Dinas Bupati Sergai di Sei Rampah, Rabu 13 Mei 2020. Hadir dalam pertemuan itu, mantan Gubsu Dr. Ir. H. Tengku Erry Nuradi, M.Si, Sekretaris Apindo Sumut Laksmana Adiyaksa, Presiden JCI Medan Tengku Ryan Novandi, Wakil Ketua Apindo Sergai Faizal Lubis, Ketua Pengusaha perempuan Apindo Sergai Elladira Koto, pengurus YASU dan NTU Academy dan undangan.

Ketua GTPP Covid-19 Sergai Soekirman menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi atas donasi yang diberikan yang tentunya akan sangat berarti, utamanya bagi penanggulangan dampak ekonomi masyarakat Sergai akibat pandemi.

Soekirman juga Bupati Sergai mengetahui para pengusaha sedang menghadapi begitu banyak tantangan di tengah krisis kesehatan yang berimbas pada pelemahan perekonomian nasional. Namun itu tidak menghalangi niat baik kelompok enterpreneur di Sumut untuk tetap aktif mengulurkan tangan, memberi bantuan kepada masyarakat.

Menurut Soekirman, pemerintah pusat dan daerah mengerahkan seluruh daya dan upaya dalam menanggulangi kondisi akibat dampak virus Corona dengan menggodok dan mengimplementasikan serangkaian kebijakan, utamanya stimulus dan bantuan kepada masyarakat.

Dengan adanya bantuan yang bermunculan dari masyarakat, baik individu, perusahaan hingga organisasi seperti Apindo, tentu menjadi tambahan kekuatan yang berarti bagi sinergitas bersama pemerintah dalam melewati tantangan ini, ujar Soekirman.

Selanjutnya kami akan segera mendistribusikan bantuan yang telah diberikan kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkan. Dan semoga, kerja sama baik di antara kita tidak berhenti di sini, namun semakin erat dan bermanfaat di masa yang akan datang, ujarnya.

Sedangkan Ketua DPP Apindo Sumut, Parlindungan Purba, SH, MM menyebut jika kehadiran Apindo hari ini juga bekerjasama dengan Yayasan Setara yang ada di Medan.
Bantuan yang kami berikan ini, kata Parlindungan, dalam rangka kepedulian kelompok pengusaha terhadap masyarakat yang terdampak bencana di Sumut, khususnya di Sergai.

Apalagi selama ini Apindo sebagai organisasi nirlaba, menjalin hubungan yang baik dengan Kabupaten Sergai. Kami juga berharap di masa depan saat kita sudah melewati situasi ini dan dalam kondisi yang lebih baik, Sergai dapat tetap menjadi daerah yang mendukung dan memberikan dorongan positif bagi dunia usaha.

Parlindungan mengatakna, bantuan yang diberikan antara lain berupa beras ukuran 5 kg sebanyak 2,5 ton, sabun sebanyak 1008 kemasan, minyak goreng sebanyak 500 liter, gula pasir 500 kg dan biskuit. “Kami juga mendonasikan bantuan untuk Tenaga Medis berupa APD dan masker.”

Sementara tokoh masyarakat Sumut, Dr. Ir. H. Tengku Erry Nuradi, M.Si, menyampaikan rasa terima kasihnya atas donasi yang diberikan oleh para pengusaha lewat Apindo. Ia juga berharap agar Pemerintah Daerah tetap menjalankan fungsinya untuk mengkoordinir berbagai bantuan yang masuk dari pihak swasta maupun dari pemerintah pusat.

Erry yang mantan Gubsu memberi masukan dalam proses distribusi bantuan agar data dari Badan Pusat Statistik benar-benar diperhatikan.

“Sesuai dengan pengalaman saya sebagai Kepala Daerah, salah satu hal yang paling krusial ada distribusi bantuan yang berbasis data. Diperlukan pembaharuan atau update data agar saat penyaluran bantuan tidak terjadi berbagai kendala seperti data yang tumpang tindih maupun bantuan yang tidak tepat sasaran,” ujar Erry.

Saat ini kita juga mengetahui jika kelompok masyarakat pekerja non-formal yang pendapatannya mungkin berkurang bahkan hilang sama sekali, agar mereka juga tidak terlewatkan dalam kebijakan pemberian bantuan.

Erry mengapresiasi sinergitas antara Pemkab dan kelompok pengusaha dalam upaya mengentaskan masalah perekonomian daerah di masa bencana. Ia juga berharap unsur-unsur utama lainnya seperti DPRD, LSM hingga jurnalis tetap saling koordinasi dan bekerja sama lewat fungsinya masing-masing demi kebaikan masyarakat.
Erry juga mantan Bbupati Sergai mengatakan Pemerintah tentu tidak bisa bekerja sendirian. Mari sama-sama kita saling bahu-membahu, saling melengkapi dan menghindari aksi saling menjatuhkan. Hanya lewat persatuan dan gotong royong, bencana ini dapat kita atasi dengan sebaik-baiknya.

Sedangkan Sekretaris Apindo Kabupaten Sergai, Syaifuddin berharap bantuan yang diterima oleh Posko dapat segera didistribusikan ke masyarakat yang membutuhkan. Demoga Tim Gugus Tugas dapat menyalurkan secara cepat dan tepat serta transparan seluruh bantuan yang diberikan hari ini.

Posko Serahkan Bantuan

Dihari yang sama, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sergai Ir H Soekirman menyerahkan bantuan kepada Badan Koordinasi Antar Desa (BKAD) Kabupaten Sergai sejumlah 16 paket beras masing-masing 5 kg dalam rangka meringankan beban masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.