Minggu, 16 December 2018

PKH Mampu Tanggulangi Kemiskinan


#ali amran, sei rampah
Wakil Bupati Serdangbedagai (Sergai), H Darma Wijaya SE, menegaskan, Program Keluarga Harapan (PKH) mampu menanggulangi kemiskinan.

“PKH merupakan program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang sudah ditetapkan dalam program kerjanya,” ungkap Darma Wijaya saat hadir pada kegiatan Rapat koordinasi (Rakor) PKH di Aula Dinas Pendidikan Sergai, kawasan Sei Rampah, Senin (8/10/2018).

Sebagai program bantuan sosial bersyarat, lanjutnya, PKH membuka akses keluarga miskin, terutama ibu hamil dan anak untuk memanfaatkan berbagai layanan Fasilitas kesehatan (Faskes) dan layanan Fasilitas pendidikan (Fasdik) yang tersedia di sekitarnya. “Sasaran PKH merupakan keluarga miskin dan rentan yang terdaftar dalam data terpadu program penanganan fakir miskin dengan komponen kriteria, ibu hamil atau menyusui, serta anak berusia nol sampai enam tahun,” paparnya dihadapan Asisten Ekbangsos, Ir H Kaharuddin, sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah, para kepala desa dan puluhan peserta.

Ia menilai, Rakor PKH yang dilakukan Tim Koordinasi Penanggulangam Kemiskinan Sergai) perlu digelar untuk membahas hambatan yang dihadapi, sekaligus mencari solusinya. “Kita harus bisa menilai dan bijak mengambil keputusan demi kemajuan desa dalam menanggulangi kemiskinan sesuai program pemerintah dengan membenahi sistem kerjanya,” sebut Darma Wijaya.

Sebelumnya, Kepala Bappeda Sergai juga Ketua Panitia pelaksana, Ir Hj Prihatina Sagala melaporkan, tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan pemahaman peserta tentang PKH. “Selain itu, untuk mendorong semua pemangku kepentingan, termasuk pemerintah desa mendukung PKH di Sergai dan memberikan peluang koordinasi dan konsultasi antara Koordinator PKH dengan pemangku kepentingan lainnya,” ujarnya.***

Tekjs Foto : Wabup Sergai, H Darma Wijaya SE memberikan arahan dalam Rakor PKH di Aula Dinas Pendidikan Sergai, kawasan Sei Rampah, Senin (8/10/2018). Foto Ali Amran.