Minggu, 22 October 2017

Perayaan HUT ke 60 GBKP Kemenangan Tani Medan

RE Nainggolan: Akan Menang Dalam Setiap Pergumulan


#jack, medan

Tokoh masyarakat Sumut DR RE Nainggolan MM menyakinkan seluruh jemaat GBKP Kemenangan Tani akan menang dalam setiap menghadapi pergumulan duniawi. Teruslah membangun komunikasi yang kompak antar jemaat maupun dengan gereja-gereja lain, agar cita-cita untuk mereformasi gereja bisa tercapai.

Hal itu diungkapkan RE Nainggolan ketika menyampaikan sambutannya pada acara HUT ke 60 GBKP Kemenangan Tani, Minggu (1/10) malam di halaman Gereja GBKP Kemenangan Tani Jalan Jamin Ginting Kecamatan Medan Tuntungan yang dihadiri Ketua Sumatera Berdoa yang juga tokoh Kristen Sumut JA Ferdinandus, Ny RE Nainggolan, Camat Medan Tuntungan Gelora Ginting, Kolonel (Purn) Abednego Sembiring, Pdt DR Apeliften Sihombing, Pdt DR Yan Damanik, Pdt Pestanta Surbakti, jemaat GPIB Filadelfia, Majelis Runggun GBKP Kemenangan Tani, seluruh pertua/diaken dan ribuan jemaat Kemenaangan Tani.

“Saya berkeyakinan, gereja GBKP Kemenangan Tani dibawah Ketua Majelis Runggun Pdt Mindawati Peranginangin PhD akan menang dalam setiap pergumulan. Jadilah orang-orang yang reformis dalam kehidupan bergereja. Selamat HUT ke 60 GBKP Kemenangan Tani. Syalomm..syalomm..” ujar RE Nainggolan yang saat memberikan kata sambutan didampingi JA Ferdinandus.

Diungkapkan RE, di era sekarang ini sering terlihat  bahwa gereja lalai dalam menyikapi kondisi kehidupan masyarakat dan sering juga  gereja lalai melihat tanda-tanda zaman, sehingga tertinggal dari kondisi terkini. Bahkan seringkali gereja tidak memberi perhatian dalam kondisi sosial, ekonomi masyarakat dimana gereja itu berada.

“Akhirnya, gereja sering tertinggal dan tidak  memahami bagaimana peran gereja melangkah  mengatasi persoalan lingkungan,” ujar mantan Sekdaprovsu itu sembari megatakan keyakinannya, bahwa gereja  GBKP Kemenangan Tani yang terlihat sangat cantik, penuh dengan taman dan pohon-pohonan serta memiliki jemaat yang berjiwa reformis dengan bimbingan pendeta yang jenius dan reformis akan mampu mengatasi ketertinggalan tersebut.

Yang paling miris bagi RE Nainggolan, gereja sering lalai terhadap keberadaan dan ancaman terhadap generasi muda sekarang, sehingga penyakit sosial dan barang-barang terlarang, seperti peredaran narkoba, bahaya penyakit HIV AIDS semakin mengkuatirkan masyarakat. Terhadap kondisi seperti ini, gereja  seolah-olah tutup mata.

“Tapi saya yakin dengan sosok Pendeta Mindawati Peranginangin bersama ribuan jemaatnya akan menjadikan peredaran obat-obat terlarang ini sebuah pergumulan yang serius,” ujar RE Nainggolan sembari menambahkan keherananya, bahwa dari data yang ada, seluruh daerah yang mayoritas kantong-kantong kristen, justru menunjukan grafik HIV AIDS  cukup besar, sehingga wajib menjadi pergumulan bagi jemaat gereja.

Menurutnya, gereja dalam kondisi sekarang harus  mampu membangun komunikasi, tidak hanya dengan jemaatnya, tidak hanya dengan gereja-gereja oikumenisnya. Tidak hanya dengan gereja-gereja yang bernafaskan kristen. Tapi juga harus membangun komunikasi dengan ummat lain yang bukan beragama Kristen.

“Dengan demikian, gereja akan mampu berkomunikasi dengan yang lain, sebab komunikasi itu sangat penting untuk masa mendatang, sehingga gereja bisa diterima oleh setiap orang dengan latarbelakang apapun. Saya yakin, jika komunikasi ini ditingkatkan terus, gereja akan bersinar terang,” katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia HUT ke 60 GBKP Kemenangan Tani Febrina Christine Monica Ginting menyampaikan ucapan terimaksih sebesar-besarnya kepada seluruh undangan, jemaat dan Majelis Runggun yang telah ikut berpartisipasi guna menyukseskan acara yang sangat spektakuler tersebut.

Adapun tujuan dari perayaan HUT ini, katanya, untuk bersama-sama bergandengan tangan menumbuhkan rasa kepemilikan akan gereja, karena di usia yang ke 60 ini banyak yang telah terjadi, baik suka duka, jatuh bangun, sehingga kedepannya seluruh jemaat akan lebih meningkatkan keimanannya dan tetap berpengharapan kepada Tuhan.

Seusai penyampaian kata-kata sambutan dari undangan, acara dilanjutkan dengan pemotongan kue ulang tahun GBKP Kemenangan Tani yang dipandu oleh Pdt Mindawati Peranginangin dan disaksikan oleh RE Nainggolan, JA Ferdinandus, Camat Kecamatan Medan Tuntungan Gelora Ginting, Kol (Purn) Abednego Sembiring, perwakilan jemaat, perwakilan kategorial dan tamu undangan lainnya.

Kue Ultah: Acara pemotongan kue ulang tahun GBKP Kemenangan Tani yang dipandu oleh Pdt Mindawati Peranginangin dan disaksikan oleh RE Nainggolan, JA Ferdinandus, Camat Kecamatan Medan Tuntungan Gelora Ginting, Kol (Purn) Abednego Sembiring, perwakilan jemaat, perwakilan kategorial dan tamu undangan lainnya.(Foto/Ist).