Selasa, 21 November 2017

LDK Pengurus OSIM MTsN 2 Medan di Tiga Juhar

Pemimpin harus Punya Moral dan Visioner


#fey, medan
Menjadi seorang pemimpin yang berkualitas harus memiliki moral dan visioner agar mampu membawa organisasi ke arah lebih baik lagi.

“Itu ditunjukkan melalui prilaku terpuji, jujur dan amanah, memegang komitmen serta konsisten dengan tindakan dan ucapannya,” papar praktisi media massa, Ferry Wahyudi, saat menjadi pemateri dalam kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) untuk pengurus Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Medan di Tiga Juhar Farm, kawasan Desa Rumah Sumbul Kecamatan STM Hilir, Deliserdang, Minggu (5/11/2017).

Ia menambahkan, pemimpin bermoral akan bersikap santun, menghargai pendapat anggotanya, dan selalu mempertimbangkan segala sesuatu sebelum mengambil keputusan. Tak hanya itu, kata Ferry, seorang pemimpin juga harus visioner, yakni mempunyai pandangan ke depan yang jelas dalam organisasi.

“Pemimpin visioner itu bisa mengamati suatu kejadian di masa depan dan menjabarkannya dalam misi untuk mendukung tercapainya visi,” ungkapnya dihadapan belasan pengurus OSIM dari kelas VIII dan IX.

Ia berharap, para pengurus OSIM terus mengasah kemampuan kepemimpinannya melalui organisasi sekolah tersebut. “Melalui organisasi, kita bisa belajar banyak hal, termasuk melatih mental agar lebih percaya diri untuk tampil di depan orang banyak,” imbau Ferry.

Sebelumnya, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan MTsN 2 Medan, Syaiful, menjelaskan, LDK menjadi kegiatan rutin untuk membekali kemampuan pengurus OSIM dalam menjalankan roda organisasi. “Biasanya, kegiatan ini dilakukan di lingkungan sekolah. Baru tahun ini kita adakan di luar sekolah. Terima kasih kepada pihak Tiga Juhar Farm yang bersedia menerima kehadiran kami,” sebutnya yang saat itu didampingi sejumlah pembina OSIM.

Pengelola Tiga Juhar Farm, Dedi, menyambut positif kehadiran para pelajar tersebut. “Salah satu keinginan dari pemilik Tiga Juhar Farm, Bapak Jani Ginting, saat membuka perkebunan ini untuk menjadi tempat pembelajaran,” tukas Direktur CV Ponti, perusahaan ekspor dan impor buah serta bibit/benih unggul, ini.

Pada kesempatan itu, Dedi bersama sejumlah stafnya juga mendampingi pengurus OSIM berkeliling lahan seluas hampir 40 hektar tersebut. Penuh keramahan mereka melayani beragam pertanyaan dari para pelajar yang ingin mengetahui seluk-beluk pertanaman di perkebunan tersebut.

Ketua OSIM MTsN 2 Medan, Syarif, mengaku senang bisa berkunjung ke Tiga Juhar Farm. Selain bisa secara langsung melihat tanaman kurma, tin, lengkeng merah dan salak, pihaknya juga mendapatkan pelajaran berharga tentang cara bekerjasama dalam suatu tim melalui tugas menginventarisir sekaligus mempresentasikan tanaman yang ada di Tiga Juhar Farm.

“Ini pengalaman baru dan berharga buat kami. Semoga pengurus OSIM yang akan datang bisa memiliki program kerja menarik seperti ini lagi,” ujar pelajar kelas IX itu.***

Teks Foto: Pengelola Tiga Juhar Farm foto bersama dengan Pembina OSIM dan para pengurus sebelum meninggalkan lokasi perkebunan itu. Foto Fey