Minggu, 22 October 2017

KPU Luncurkan Jargon Pilgub Sumut


#jack, medan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara meluncurkan jargon pemilihan gubernur dengan tema Ayo Memilih, Suaramu Untuk Sumatera Utara” di Medan, Minggu (8/10/2017) malam.

Peluncuran pemilihan gubernur (pilgub) itu ditandi dengan penabuhan “gordang sembilan” oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Arief Budiman, Gubernur Sumut Erry Nuradi, dan komisioner KPU Sumut.

Dalam peluncuran tersebut, Ketua KPU Sumut Mulia Banurea menyampaikan apresiasi kepada Pemprov Sumut yang telah mengalokasikan anggaran pilgub sebesar Rp855 miliar.

“Tahapan pertama anggaran itu Rp340 miliar sudah diterima,” katanya.

Dalam menggunakan anggaran tersebut, KPU Sumut berkomitmen dengan menyiapkan petunjuk teknis (juknis ) guna penggelolaan dana secara transparan dan akuntabel.

“Kita siapkan juknis sehingga komisioner di daerah pun bisa mengetahui,” kata Mulia.

Sebagai penyelenggara, KPU telah menetapkan komitmen dan menekankan kepada penyelenggara lainnya untuk berlaku profesional dengan menyelenggarakan pemilihan sesuai aturan yang ditetapkan.

Pihaknya juga akan memberlakukan sikap yang adil dan tidak akan memberlakukan perlakuan istimewa kepada salah satu pasangan calon.

“Intinya, menjaga jarak yang sama dengan seluruh pasangan calon,” katanya.

Ia menjelaskan, tahapan utama dalam pilgub Sumut tersebut akan dimulai pada 12 oktober melakukan rekruitmen penyelenggaran adhok dalam pilgub yang digekar pada 27 Juni 2018 itu.

Setelah itu, KPU akan menerima pendaftaran bakal calon dari jalur perseorangan dengan syarat dukungan minimal sebanyak 765.048 fotocopy KTP.

Kemudian, akan dilanjutkan dengn membuka pendaftaran pada 8-10 Januari 2018, baik bakal calon dari dukungan parpol mau pun jalur perseorangan. Selanjutnya, KPU akan menetapkan peserta yang berhak mengikuti pilgub Sumut pada Februari 2018. “Tiga setelah penetapan, akan dilakukan kampanye hingga 23 Juni atau tiga hari sebelum pemungutan suara,” katanya.***