Kamis, 15 November 2018

Kadisdik Binjai Kangkangi Prosedur Pengangkatan Kepsek


# lia,binjai

LSM For People menilai Kepala Dinas Pendidikan Kota Binjai Indriyani mengangkangi prosedur pengangkatan Kepsek SMPN I Binjai Sobar Spd. Pasalnya, orang nomor satu di Disdik Binjai ini  dalam merekomendasi seseorang untuk menjadi Kepsek disebut-sebut tidak mengacu Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No.6 tahun 2018 tentang penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah.

Pasalnya Kepsek SMPN 1 Binjai yang baru saja menjabat ini, sudah melampau batas usia yang telah ditetapkan. Sobar SPd tercatat sudah berumur 58 tahun, sejak diajukan sebagai Kepsek.Sementara Peraturan Permendikbud No. 6 tahun 2018 pasal 2 angka 1 huruf J disebutkan, pengangkatan Kepala sekolah berusia paling tinggi 56 tahun pada waktu pengangkatan pertama sebagai Kepala sekolah.

Pengangkatan ini dinalai cacat hukum, ungka Direktur LSM For People Samsudin Damanik, ketika menanggapi pengangkatan Kepsek SMPN I Binjai, di sekretariatnya Jalan H.Agus Salim, Jati Negara, Binjai Utara, Sabtu (3/11).

"Sangat kita sesalkan bahwa kepala Dinas Pendidikan kota Binjai dituding mengangkat kepala Sekolah dengan mengabaikan peraturan perundang-undangan yang berlaku ,” ungkap Samsudin.

Dikatakan, pihak Dinas Pendidikan ditenggarai terbukti melanggar aturan yang telah ditetapkan."Yang menjadi pertanyaan,mengapa Pemerintah Kota Binjai tetap mengeluarkan SK pengangkatan Sobar menjadi Kepsek SMPN 1 Binjai, ada apa sebenarnya dibalik pengangkatan ini semua.,” beber Samsudin Damanik.

Sebagai lembaga yang berkompeten untuk menganalisa dan menyeleksi, namun begitu mudahnya mengangkat saudara Sobar untuk menjabat sebagai Kepala sekolah. "Ini tidak main-main lho, bagaimana seandainya nanti anak didik yang tamat di sekolah itu ijazahnya tidak sah," beber Samsudin.

Sebelumnya, Kadisdik Kota Binjai Indriyani melalui Kabag Humas Pemko Binjai Rudi Iskandar Baros ketika dikonfirmasi diruang kerjanya, Jumat (2/11) siang mengatakan bahwa Permendikbud No.6 tahun 2018 tentang pengangkatan Kepsek diterbitkan pada bulan Maret 2018, sedangkan pengangkatan saudara Sobar Spd pada bulan Mei 2018. Peraturan ini baru disosialisasikan bulan Aguatus 2018.Maka pengangkatan Kepsek SMPN I Binjai sah-sah saja.

"Kalaupun jika dibelakang hari bermasalah, ya harus ditinjau ulang pengangkatan saudara Sobar Spd," ujar Rudi Baros mengutip penjelasan Kadisdik.

Sementara Kepala Sekolah ( Kepsek ) SMP Negeri 1 Binjai Sobar S.Pd mengatakan, sebagai bawahan saya hanya melaksanakan perintah dari Walikota , Kadisdik dan BKD Pemko Binjai.  Jika ada yang keberatan, saya siap menanggung konsekwensinya,” ujar Sobar singkat. ***

Foto : Kabag Humas Rudi Iskandar Baros. ***