Kamis, 25 April 2019

Humas Berpeluang Besar di Masa Media Sosial


#jack, medan

Pesatnya perkembangan media sosial saat ini dapat menjadi peluang besar bagi humas dalam menyebarkan informasi ke masyarakat. Apalagi, saat ini pengguna internet aktif di Indonesia mencapai 150 juta orang, yang juga pengguna media sosial.

Demikian diungkapkan Kepala Bidang Humas Pusat Penerangan Sekretariat Jenderal Kementerian Dalam Negeri Aang Witarsa Rofik rapat koordinasi humas provinsi dan kabupaten/kota yang diadakan di Hotel Karibia Boutique, Medan, Rabu (10/4/2019).

"Kalau bicara tentang peluang positif ini sangat menggiurkan, tapi konten negatif bisa kebalikannya, bisa bermanfaat, bisa juga menuai petaka, terkait potensi pengguna aktif media sosial," kata Aang.

Menurut Aang, isu sensitif ketika dikonsumsi tanpa adanya proses pemilahan akan berbahaya sekali. Karena itu, humas perlu membangun sinergitas dan jejaring untuk bisa membangun konfirmasi kebenaran setiap informasi yang dikonsumsi oleh masyarakat. "Karena masyarakat tidak mau tahu mana yang benar atau salah, yang penting menarik," katanya.

Mengenai Pemilu, Aang mengatakan humas harus mampu mencerahkan masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya. Humas juga bisa menciptakan banyak hal untuk menciptakan Pemilu yang berkualitas.

Aang mengharapkan ke depan, humas harus besar. Meski begitu, menurutnya humas memiliki tantangan yang luar biasa. Karena itu humas harus didukung dengan organisasi, anggaran dan penajaman fungsi humas itu sendiri.

Sebagai juru bicara pemerintah, baik itu provinsi maupun kabupaten/kota, humas tidak bisa dipandang remeh. Aang mengatakan, sehebat apapun pemerintah daerah membangun atau capaian strategisnya tercapai jika tidak akan dipublikasikan akan percuma.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprov Sumut Ilyas Sitorus, Kabag Humas Indah Dwi Kumala, Kabag Pelayanan Media dan Informasi Harvina Zuhra, Kabag Humas kabupaten/kota dan yang mewakili se-Sumut, serta staf Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprov Sumut. ***

FOTO: Kepala Bidang Humas Pusat Penerangan Sekretariat Jenderal Kementerian Dalam Negeri RI, Aang Witarsa menjadi narasumber pada Rapat Koordinasi Humas seluruh Kabupaten / Kota se Sumatera Utara Tahun 2019 yang diselenggarakan di Hotel Karibia Boutique, Jalan Timor Blok J, Medan, Rabu (10/4/2019). (*)