Rabu, 18 October 2017

Dituding Bertindak Tidak Manusiawi PT Pelindo “:Didemo”


# hendrik-rompas

PT Persero Pelabuhan I Medan didemo seratusan warga Kelurahan Bagan Deli Belawan pada Selasa pagi ( 08/08/2017) pukul 07.30 wib. Warga dari Lingkungan 8,9 dan 12 ini menggelar demo secara tertif di tepi Jalan Raya Pelabuhan Belawan tepatnya didepan Mako Polres Pelabuhan Belawan.

Sebelum mereka melakukan orasi, mereka terpilih dahulu melakukan upacara menyanyikan lagu lagi perjuangan seperti Indonesia Raya dan Manu Tak Gentar kemudian dilanjut berorasi.

Menurut kordinator aksi unjuk rasa damai, Andi mengatakan bahwa mereka melakukan aksi karena PT Persero Pelabuhan l Medan bertindak tidak Manusiawi kepada warga Lingkungan 8,9 dan Lingkungan 12. Dulu ditahun 70an mereka ditempat dilokasi sekarang oleh PT Persero Pelabuhan l Medan kar dan rumah rumah kami waktu itu digusur untuk pengembangan Pelabuhan.

Kini rumah rumah kami kembali diusir oleh PT Pelindo l Medan kembali dengan alasan yang sama,tapi penggusurannya tidak Manusiawi. Rumah rumah yang sudah kami bantuan dan bersertipikat human hanya mendapat anti rugi sebesar Rp 1,5 juta rupiah hingga Rp 3 juta rupiah.Kata ibu Sulastri (50) rumah kami yang permanen ini nilainya sekitar Rp 100 juta rupiah tapi hanya dibayar  Rp 3 juta rupiah.

Sudah dibayar hanya 1,5 juta hingga Rp 3 juta Kami tidak diberikan tempat dan PT Pelindo l Medan Kami ini dianggap sebagai binatang,binatang saja ada harganya masakan Kami sebagai Manusia tidak dihargai sebagaimana mestinya kata ibu Sulastri.

Aksi unjuk rasa damai yang digelar seratusan warga Kelurahan Bagan Deli ini berjalan aman karena mendapat pengamanan dari petugas Polres Pelabuhan Belawan. Menurut Andi,aksi unjuk rasa damai ini akan terus dilakukan sampai pihak PT Persero Pelabuhan l Medan memberikan anti rugi yang selayak kepada kami.***

 

Foto peserta aksi.