Minggu, 12 July 2020

Bantuan ke Posko Gugus Tugas Sergai Lancar Mengalir Masuk dan Keluar


#jack, sei-rampah

Sejak Rumah Dinas Bupati pertama kali resmi beroperasi sebagai Posko Percepatan Penanganan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) pada 6 April 2020 lalu, donasi dari berbagai pihak tidak berhenti mengalir.

Tercatat pada periode tanggal 8 sampai 20 April 2020, Posko telah menerima berbagai macam bantuan kebutuhan pokok dan medis yang diserahkan mulai dari donatur individu hingga lembaga, seperti yang disampaikan oleh Drs. H. Akmal, AP, M.Si, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Sergai sekaligus Juru Bicara Tim Gugus Tugas, saat memberikan keterangan di Posko Gugus Tugas, Senin (20/4/2020). “Kita sangat mengapresiasi setiap pihak yang mampu dan berinisiatif ikut berkontribusi bersama-sama dengan Pemerintah untuk membantu kelompok masyarakat yang terdampak secara ekonomi akibat pandemi Covid-19 ini. Hal ini menjadi bukti jika budaya dan semangat gotong royong masih tetap terjaga apalagi dalam situasi bencana yang sedang kita hadapi sekarang,” kata Akmal.

Akmal merinci, hingga hari ini ada beberapa perusahaan, yayasan dan komunitas yang ikut serta memberikan uluran donasi bagi masyarakat yang antara lain adalah Yayasan BITRA Indonesia, Kilang Padi Achuan, PT. PD Paya Pinang Group, PT. Florinda Makmur, DPC Pejuang Bravo Lima, PT. Charoen Pokphan Jaya Farm, PT Soeleong Laut, PT. Aqua Farm Nusantara, Kilang Padi lokal (Achuan, “Tani Jaya” Lubuk Dendang Perbaungan, Sinar Jaya, Rimbun Jaya Desa Firdaus, Tani Makmur Desa Belidaan, Karya Baru, Mitra Abadi Desa Ujung Rambung, Kilang Sawah Tanjung Beringin, Sumber Baru, Tani Makmur, AW Budiman dan Tunas Jaya), CV. Harapan Tani Desa Setrak Teluk Mengkudu, PDGI Cab. Sergai, Kelompok Tani Sergai, AMPI/BKF Sumut dan Komunitas TLCI Provinsi Sumut.

Sedangkan untuk donasi individual diserahkan oleh Bambang Suharto (Cun Huat), Kadis Perkim, Kadis Pertanian Radianto, SP, MMA dan Bupati Sergai H. Soekirman, terang Akmal.

Pemkab Sergai juga menerima beberapa donasi dari instansi pemerintah baik dari internal Pemkab Sergai maupun dari tingkat provinsi yaitu dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumut dan Bappeda Sergai.

Akmal melanjutkan, bantuan yang diberikan bermacam bentuknya. Ia kembali merinci, sampai hari ini bantuan yang masuk yaitu beras sebanyak 6.5 ton, telur itik 3000 butir, 500 paket filet ikan nila, telur ayam ras 10.000 butir, mie instan 384 kotak, gula pasir 109 kg, minyak goreng sebanyak 121 liter, garam halus 10 kotak, garam halus ukuran 2.5kg 50 bungkus, masker 5000 kotak dan 2.200 helai, sarung tangan 2.200, kecap 7 kotak, Bayclin 18 botol, Soclean 21 bungkus, susu cair 33 kotak, APD 15 pcs, sabun batang 2.000 pcs, sabun Nuvo 9 ktk, cover all 220 pcs, sabun 72 pcs, kacamata Google 20 pcs dan hand sanitizer 44 liter serta emergency bag sebanyak 3.000 paket.

Bantuan Dialirkan ke Berbagai Pihak

“ Selain menghimpun bantuan, Posko juga sudah melakukan serangkaian kegiatan distribusi. Distribusi diprioritaskan kepada kelompok masyarakat yang berisiko terdampak dan untuk APD diberikan kepada para tenaga kesehatan kita,” jelas Akmal.

Kelompok masyarakat yang dimaksud antara lain warga di Panti Jompo Nurul Jannah Werdha Teluk Mengkudu, para tenaga Guru Honorer dan tenaga kontrak serta wartawan yang tergabung dalam unit Pemkab Sergai, nelayan Ikan Kodah Dsn I Tebing Tinggi, Persatuan Abang Becak Bermotor Bersaudara, Kelompok Becak Simpang Pantai, Anggota Musik Melayu, kelompok buruh, lembaga keagamaan, Perbuni, Komunitas Sungai Rampah, Kelompok Pedagang di Pekan-Pekan, sektor Informal Tanjung Beringin, P3A Pantai Cermin dan Jemaat Gereja Gempolan.

Akmal menambahkan hingga hari ini pendistribusian bantuan ke kelompok masyarakat yang terdata adalah sebanyak 3.600 kg beras (per tanggal 17 April 2020), 7.237 butir telur, 3550 bungkus mie instan, 500 bungkus ikan nila, 10 pcs cover all, 473 sabun, 21 kotak masker, 6 kotak handsanitizer, 10 kotak handskun, 140 bungkus garam, alkohol 5 botol, APD 1 pcs dan kacamata Google 1 pcs. “Kita berharap agar bantuan yang masuk tetap bertambah dan sekaligus dapat tersalurkan tepat sasaran segera,” pungkas Akmal. ***