Minggu, 16 December 2018

Selandia Baru Tertarik Potensi Sergai


#ali amran, medan
Ternyata, salah satu perguruan tinggi di negara Selandia Baru, yakni Auckland University of Technologi (AUT), tertarik dengan potensi yang dimiliki Kabupaten Serdangbedagai (Sergai).

“Kami akan siap menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Sergai dan Polmed dalam hal pemanfaatan teknologi serta energi terbarukan, melalui proyek berskala internasional,” papar Project Manager AUT University New Zealand, Mr Lester Finch, di Aula Rapat Kampus Politeknik Negeri Medan, kawasan Jalan dr Mansyur Medan, Senin (8/10/2018).

Pihaknya mengklaim tertarik dengan bidang energi terbarukan. Saat ini, Selandia Baru memanfaatkan energi terbarukan sebesar 80%. Mr Lester menyatakan, kehadirannya di Sumatera Utara merupakan kunjungan balasan setelah pada Mei 2018 silam, Gubsu dan sejumlah kepala daerah berkunjung ke perguruan tinggi terbesar kedua di Selandia Baru itu. “Kami hadir di Sumatera Utara untuk meningkatkan kerja sama dengan pemerintah daerah dan institusi terkait,” tegasnya melalui penerjemah.

Bupati Sergai, Ir H Soekirman menyambut positif tawaran kerja sama itu. Dijelaskannya, “Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat” seluas 190 ribu hektar, sekira 150 ribu hektar diantaranya perkebunan sawit, ini baru berusia 14 tahun. Untuk Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Sergai, sebesar 40% disumbangkan sektor pertanian dan pangan, sementara sisanya dari industri, jasa dan lainnya.

“Pada Program Jangka Menengah, ada 21 target yang ingin diraih, termasuk didalamnya energi terbarukan dari air dan biomassa,” ujarnya dihadapan Kepala BPBD Provsu, Dr Ir H Riadil Akhir Lubis MSi, Wakil Direktur III Bidang Kemahasiswaan Polmed, Nisfan Bahri ST MT beserta jajarannya.