Minggu, 8 December 2019

PSBD Etnis Jawa Dirangkai Pelantikan PKB Pujakesuma Asahan


#jaka, asahan

Pelaksanaan Pagelaran Seni Budaya Daerah (PSBD) IV Kabupaten Asahan 2019 dirangkai dengan pelantikan Pengurus Paguyuban Keluarga Besar (PKB) Pujakesuma Kabupaten Asahan, Ahad (24/11/2019) di Lapangan Komplek Graha Indah Kisaran.

Acara pelantikan dilakukan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Sumatera Utara Eko Supianto, S.E. diawali dengan pembacaan salinan surat keputusan DPW Pujakesuma Sumatera Utara yang memutuskan Rianto, S.H., M.A.P. sebagai Ketua Drs. Sumantri sebagai Sekretaris dan Iswanto sebagai Bendahara DPD PKB Pujakesuma Kabupaten Asahan periode 2019 – 2024.

Ketua DPD PKB Pujakesuma Rianto, S.H., M.A.P. dalam sambutannya mengatakan, bahwa Pujakesuma Kabupaten Asahan siap mengemban amanah yang diberikan dan berjanji akan mengibarkan bendera Pujakesuma di bumi Rambate Rata Raya dengan sekuat tenaga.

Menurut Rianto, kendati berat untuk menjalankan amanah itu, namun dia akan berusaha dengan segala upaya untuk memajukan masyarakat Etnis Jawa di Kabupaten Asahan.

Rianto menyampaikan, warga Pujakesuma sangat patuh dan dusiplin dalam segala hal. "Sepi ing pamrih rame ing gawe" yang artinya, bahwa masyarakat jawa tidak banyak menuntut, namun kerja apa saja mau," demikian kata Rianto mengakhiri.

Sementara, Bupati Asahan H. Surya, B.Sc. apresiasi dan penghargaan kepada warga Jawa yang tergabung dalam PKB Pujakesuma atas dukungannya dalam membangun Kabupaten Asahan.

Surya berpesan kepada Etnis Jawa khususnya, untuk tidak menghilangkan budaya Jawa yang merupakan peninggalan dari nenek moyangnya.

"Jangan seperti yang pernah saya lihat. Ada acara temu manten yang menggunakan adat istiadat jawa, seharusnya diringi dengan lagu gending jawa, kok ini diiringi dengan lagu dangdut. Ini kan sudah menyalahi budaya jawa," cetus Surya prihatin.

Menurut Surya, budaya jawa jangan pernah dihilangkan, jikapun harus dikurangi tentunya tidak mengurangi makna yang terkandung di dalamnya.

Pantauan inimedanbung.com, acara pelantikan diakhiri dengan penampilan kesenian jawa sampai malam harinya dan dihadiri Presiden Pujakesuma, sesepuh Pujakesuma, 17 DPD Pujakesuma se-Sumatera Utara dan Forkopimda, perwakilan Etnis peserta PSBD dan warga jawa di Asahan. ***