Kamis, 13 December 2018

Profesionalisme TNI untuk Rakyat


#joe, siantar
Korem 022/Pantai Timur Pematangsiantar menggelar upacara peringatan HUT ke-73 TNI di Lapangan Makorem 022/PT, Jumat (5/10/2018).

Panglima TNI Marsekal Hadi Thahjanto dalam sambutannya yang dibacakan Komandan Korem (Danrem) 022/Pantai Timur, Kolonel (Inf) R Wahyu Sugiarto SIP MHan mengingatkan tantangan di masa depan semakin kompleks. Menurutnya, perkembangan politik, ekonomi dan teknologi global telah menciptakan ruan gatau dimensi dan metode peperangan baru.

“Tema peringatan HUT TNI yakni 'Profesionalisme untuk Rakyat' mengandung makna bahwa anggota TNI senantiasa meningkatkan profesionalismenya melalui berbagai pendidikan, latihan, persenjataan, alutsista serta dipenuhi kesejahteraannya oleh negara, adalah semata-mata untuk seluruh rakyat Indonesia,” paparnya.

Ia mengemukakan, lima hal yang harus dipedomani dan dilaksanakan prajurit TNI, yakni, perkokoh iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, luaskan hati untuk beribadah karena hanya kepada-Nya berserah-diri dan mendapatkan kekuatan. Kemudian, pertahankan dan tingkatkan soliditas TNI serta kemanuggalan TNI dengan rakyat agar selalu menjadi pemersatu dan perekat bangsa. Selanjutnya, meningkatkan kewaspadaan dan profesionalme karena setiap saat tugas selalu menanti dalam menghadapi berbagai macam tantangan tugas yang dilimpahkan kepada TNI.

"Mantapkan Netralitas TNI bukan sebagai individu maupun satuan dalam pelaksanaan pemilu tahun 2019. Jangan terpancing emosi dan upaya-upaya melibatkan diri dalam mendukung kelompok tertentu selama tahapan pemilu,” imbau Panglima TNI.

Pedoman terakhir, kata Panglima TNI, menjalani setiap tugas secara ikhlas karena semata- mata untuk kepentingan bangsa dan negara. Pada kesempatan itu, Kolonel (Inf) R Wahyu Sugiarto menyerahkan penghargaan Satyalancana Kesetiaan 24 tahun kepada Danton II Kijar B Dodikjur Rindam I/BB, Letda (Arh) Budi Suprapto dan Wadankas B Ton II Kijar B Secaba Rindam I/BB, Sertu Marlon Ndese, serta Satyalencana Kesetiaan 8 tahun untuk Balatsiops Korem 022/PT, Sertu Richwan Matondang.

Tampak hadir, Danrindam I/BB Kolonel (Inf) Zainuddin, Dandim 0207 Letkol Inf Robinson Tallupdang SIP, Kapolres Pematangsiantar AKBP Doddy Hermawan, Kapolres Simalungun AKBP Liberty Panjaitan, Wakil Walikota Pematangsiantar Togar Sitorus, Wakil Bupati Simalungun Amran Sinaga, Sekdakab Simalungun Gideon Purba, para veteran, tokoh masyarakat dan ormas. ***

Teks Foto: Kolonel (Inf) R Wahyu Sugiarto menyerahkan penghargaan Satyalancana Kesetiaan 24 tahun kepada Danton II Kijar B Dodikjur Rindam I/BB, Letda (Arh) Budi Suprapto dan Wadankas B Ton II Kijar B Secaba Rindam I/BB, Sertu Marlon Ndese, serta Satyalencana Kesetiaan 8 tahun untuk Balatsiops Korem 022/PT, Sertu Richwan Matondang, dalam peringatan HUT ke-73 TNI di Lapangan Makorem 022/PT, Jumat (5/10/2018). Foto Joe Ambarita