Kamis, 21 November 2019

Perisitiwa Bersejarah BBH Masih Membekas Bagi Masyarakat Langkat


# bono yudha

Peristiwa bersejarah Berandan Bumi Hangus (BBH) 70 tahun silam ternyata masih membekas bagi masyarakat Kabupaten Langkat khususnya masyarakat Berandan. Itu terlihat saat peringatan puncak BBH ke-70 tahun 2017  dilapangan Petrolia Pertamina P. Berandan, Minggu (13/8/2017). 

Pengamatan wartawan dilapangan,  menunjukan kedatangan  masyarakat dari berbagai daerah memenuhi lokasi puncak kegiatan  peringatan  yang setiap tahunnya diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Langkat.  Antusias masyarakat menghadiri dan mengingat peristiwa bersejarah ini adalah bukti bahwa masyarakat Langkat cinta tanha air.

Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu SH yang hadir dalam kegiatan BBH  mengatakan, “70 tahun lalu, kejadian dahsyat terjadi di Berandan, tidak sedikit korban jiwa, dan hanya satu tekad yang diusung oleh para pejuang yakni Merdeka atau dijajah”.

Perjuangan pantang menyerah dan kegigihan mempertahankan harga diri bangsa adalah sikap yang harus menjadi cerminan bagi kita sekarang, “mereka tidak bertanya apa yang diberikan oleh Negara, tetapi, mereka rela berkorban untuk memberikan yang terbaik bagi Negara” ucapnya.

Ngogesa berharap, peristiwa bersejarah ini dapat menjadi titik kebangkitan bagi seluruh masyarakat Langkat untuk melanjutkan perjuangan para pejuang terdahulu dengan mengisi aktivitas sehari-hari dengan profesional dan penuh tanggung jawab.

“Tunjukkan karyamu, paculah kreatifitasmu, buktikan bahwa kita adalah calon pemenang masa depan dan calon pemimpin yang membanggakan untuk siap memberikan baktinya kepada Negara dan Bangsa” tegasnya. 

Kegiatan yang dilaksanakan tersebut, yakni lomba paduan suara BBH tingkat SD, SMP, SMA sederajat berjumlah 48 group. Lomba Napak Tilas yang berlangsung dilapangan bola kaki SMP RGM Kecamatan Besitang dengan jumlah peserta sebanyak 1200 orang yang berasal dari berbagai daerah di Langkat dan luar Langkat. 

Kemudian Ziarah ke Taman Makam Bahagia P. Berandan, lomba Karnaval tingkat SD. SMP dan SMA sederajat, pemberian santunan dan cendera mata kepada 100 veteran juang. Pemberian cendera mata dan tali asih kepada tokoh maupun keluarga yang memprakarsai Perda tentang Peristiwa BBH diantaranya, Alm. H. Hasan Perak, Alm. H. Ishaq Tumengkol dan H. Syafrudin Basyir serta pemberian santunan kepada ahli waris pencipta lagu BBH.  

Hadir dalam kegiatan tersebut, Gubernur Sumatera Utara diwakili oleh Kadis Sosial Rajali S.Sos, unsur Forkopimda Langkat, Kepala SKPD dijajaran Pemkab. Langkat, para veteran juang.*** 

Foto: 

Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu SH  hadir ditengah-tengah peserta Napak tilas pada puncak kegiatan Peringatan BBH ke-70 tahun 2017  di Lapangan Petrolia Pertamina P. Berandan. ***