Senin, 18 November 2019

Peringati Hari Pahlawan Lantamal I Tabur Bunga Dilaut


#hendrik-rompas, belawan

Pelaksanaan Upacara Tabur Bunga di Laut dalam rangka memperingati Peringatan Hari Pahlawan 10 Nopember 2019 di Geladak KAL Tarihu (I-1-64) Unsur Satrol Lantamal I berlokasi di Buoy 2 Alur Masuk Pelabuhan Belawan berjalan dengan aman dan lancar Minggu pagi (10/11/2019.) 

Peringatan Hari Pahlawan 10 Nopember 2019 dengan Tema “Aku Pahlawan Masa Kini” merupakan Agenda Nasional yang terdiri dari dua rangkaian kegiatan yaitu kegiatan upacara tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Bukit Barisan dan Upacara Tabur Bunga di Laut Perairan Alur Masuk Pelabuhan Belawan.  

Untuk kegiatan di Upacara Tabur Bunga TMP Bukit Barisan  bertindak selaku Inspektur Upacara Ketua DPRD Sumatera Utara Baskami Ginting. Sedangkan Upacara  Tabur Bunga yang berlangsung di laut bertindak selaku Inspektur Upacara Wakapolda Sumut Brigjen (Pol) Mardiaz Kusin Dwihananto, SIK,M.,Hum.

Pada kegiatan upacara tabur bunga baik di taman makam pahlawan maupun di laut dilaksanakan mengheningkan cipta secara serentak selama 1 menit diikuti suara sirine/gauk sebagai bentuk penghormatan kepada arwah para pahlawan yang telah mengorbankan jiwa raganya demi tetap utuhnya Negera Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) utamanya Pahlawan Peristiwa Pertempuran 10 Nopember 1945 di Surabaya. 

Untuk upacara di laut dilaksanakan pelarungan karangan bunga oleh Irup, penghormatan terakhir kepada arah para pahlawan, pembacaan doa dan dilanjutkan dengan tabur bunga. Berikutnya dilanjutkan dengan pemberian tali asih kepada Para Purnawirawan/Veteran. Diakhiri acara berkesempatan pula diucapkan Testimoni Bersama Bahwa “Bangsa Yang Besar Adalah Bangsa Yang Menghormati Jasa Para Pahlawan”.

KAL Tarihu (I-1-64) merupakan salah satu Unsur Satrol Lantamal I yang bertugas melaksanakan Patroli Laut Terbatas dikomandani oleh   Mayor Laut (P) Zul Supri Nazara, S.E., mendapat kehormatan menjadi Unsur VIP untuk pelaksanaan Upacara Tabur Bunga. Bertolak dari Dermaga Lantamal I Belawan dan dikawal unsur pendamping terdiri dari KAL Viper, Kapal Polairud, Kapal Sea and Coast Guard KPLP, Kapal Basarnas dan Sea Rider Satrol Lantamal I.

Hadir pada upacara Laut tersebut Wadan Lantamal I, Mewakili Pangdam I/BB, , Asops Danlantamal I, Asintel Danlantamal I, mewakili Pangkosekhahudnas III Medan, LO TNI AL, di Kodam I/BB, Dirpolairud Poldasu, Kapolres Pelabuhan Belawan, Perwakilan Pemprovsu, Perwakilan Bea Cukai Belawan, Perwakilan Pelindo Belawan, Camat Belawan, Gabungan Perwira TNI/Polri, Regu TNI/Polri, Korsik Lantamal I dan Ibu-ibu Jalasenantri Serta Pelajar SMU/Pramuka. ***

Foto bersama didek kapal. (*)