Minggu, 12 July 2020

Pemkab Asahan Mulai Terbitkan KIA


#jaka, asahan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan melaui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) telah menerbitkan Kartu Identitas Anak (KIA).

Demikian disampaikan Kepala Dinas Dukcapil Drs. Supriyanto, M.Pd. kepada Wartawan, Selasa (10/9/2019) di kantornya Jalan A. Yani Kisaran.

Supriyanto mengimbau, kepada para orang tua untuk segera mengurus KIA sebagai bukti identitas anak secara gratis di Dinas Catatan Sipil dengan persyaratan sebagai betikut; a. Foto kopi Kutipan Akta Kelahiran; b. Fotokopi Kartu Keluarga (KK) orangtua yang berdomisili di KabupatenAsahan: c. Fotokopi KTP-e kedua orangtua yang berdomisili di Kabupaten Asahan dilengkapi pas foto ukuran 3x4 Cm khusus anak umur 5-17 tahun dengan latar belakang Biru bagi anak yang dilahirkan tahun genap dan latar belakang Merah bagi anak yang dilahirkan tahun ganjil. "Untuk anak umur 0-5 tahun tidak melampirkan pas foto," jelasnya.

Menurut Supriyanto, berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2016 tentang Kartu Identitas Anak (KIA), bahwa Kartu Identitas Anak (KIA) adalah identitas resmi anak sebagai bukti diri anak yang berusia kurang dari 17 tahun dan belum menikah yang diterbitkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten/Kota seluruh Indonesia.

Penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA) bertujuan untuk meningkatkan pendataan, perlindungan dan pelayanan publik (urusan perbankan, pembelian tiket pesawat/kereta api, dokumen keimigrasian, pendaftaran sekolah dan lainnya) serta sebagai upaya memberikan perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional warga negara.

Di akhir bincang-bincangnya, Supriyanto menjelaskan, pemerintah ingin memiliki data seluruh masyarakat lewat KIA itu dan pihaknya sejak 19 Juni 2019 telah melakukan penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA). ***