Selasa, 7 July 2020

Peduli Masyarakat Terdampak Asap

PWI Asahan Bagikan 1000 Masker kepada Masyarakat


#jaka, asahan

Sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat akibat kabut asap yang menyelimuti wilayah Asahan, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Asahan membagikan sebanyak 1000 masker kepada masyarakat pengguna jalan, Selasa (24/9/2019) di seputaran Tugu Perjuangan, Jalan Imam Bonjol Kisaran.

Ketua PWI Asahan Indra Sikoembang, S.H. mengatakan, bahwa kegiatan tersebut merupakan bentuk kepedulian dan perhatian PWI Asahan atas bencana kabut asap yang menyelimuti wilayah Kabupaten Asahan.

Asahan, merupakan salah satu daerah terdampak kabut asap, akibat kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Propinsi Riau.  "Kegiatan ini merupakan bentuk perhatian kita (PWI Asahan) atas kesehatan masyarakat, dampak dari kabut asap yang menyelimuti Kisaran, akibat kebakaran hutan  yang terjadi di Riau," ujar Indra. 

Menurut Indra, jika mengacu pada aplikasi Visual Air, kualitas udara di Asahan belakangan ini, khususnya Kisaran, menunjukkan Tidak Sehat. 

Penggunaan masker merupakan salah satu solusi mengurangi dampak agar tidak terpapar asap terlalu parah. "Karena itu, kegiatan ini kita laksanakan. Ada 1000 masker yang kita bagikan, dan semoga bermanfaat," ujar Indra. 

Sebagaimana imbauan Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Asahan, Bambang HS, kata Indra, masyarakat diimbau supaya mengurangi aktivitas di luar rumah, perbanyak minum air putih dan makan buah-buahan.

Pantauan inimedanbung.com, kegiatan sosial itu mendapat perhatian dan apresiasi dari para pengguna lalulintas. Para pengguna jalan tampak antusias menyambut masker yang disodorkan puluhan anggota PWI Asahan itu dalam waktu yang tidak terlalu lama 1000 masker habis dibagikan. "Terimakasih, terima kasih," sela beberapa pengguna jalan usai menerima masker dari sejumlah anggota PWI Asahan. ***