Minggu, 18 August 2019

Nenek Arbaiyah Penyelamat Ibu dan Bayi Kampng Nelayan


#hendrik-rrompas, belawan

Arbaiyah seorang nenek berusia sekitar 91 tahun yang tinggal di Kampung Nelayan Sebrang dalam kesehariannya nenek ini berprofesi sebagai dukun beranak.  Nenek Di Kampung Nelayan, Penyelamat Para Bayi Dan Ibu.

Seorang nenek berusia sekitar 91 tahun hidup penuh kekurangan di kawasan padat penduduk di sebrang Laut Belawan. Diperkirakan di Kampung Nelayan Sebrang dihuni hampir 300 kepala keluarga, rata-rata bekerja sebagai nelayan tradisional.

Hampir seluruh masyarakat yang ada di daerah Kampung Nelayan itu hidup sangat sederhana dan tergolong warga miskin. Tidak banyak yang bisa dilakukan untuk mencari rezeki, selain menggantungkan hidup dari hasil laut. Namun siapa sangka, disela aktifitas para nelayan, hidup seorang wanita tua bernama Arbaiyah yang berprofesi sebagai dukun beranak.

Dalam kesehariannya, nenek ini bertugas tanpa pamrih membantu para istri-istri nelayan saat melahirkan. Nenek Bidan, demikian Arbaiyah dipanggil oleh para nelayan yang ada di Kampung Nelayan Sebrang yang berada di Kelurahan Belawan 1, Kecamatan Medan Belawan. Hampir 74 tahun menjadi dukun beranak, tidak sedikit jasa Arbaiyah membantu warga kampung.

Tidak heran, hampir semua istri nelayan yang ada di Kampung Nelayan Sebrang telah dibantunya melahirkan anak anak nelayan yang jauh dari rumah sakut. Dari sesepuh kampung, Bahyung diketahui Arbaiyah sudah sangat lama tinggal di Kampung Nelayan Sebrang. Bahkan sebelum kampung ini ramai. “Sebelum kampung ini ramai dan masi hutan, Nek Bidan sudah ada dan selalu membantu masyarakat nelayan disini. 

Beliau tidak pernah meminta imbalan apapun saat membantu istri kami melahirkan terkusus orang Kampung Nelayan Sebrang,” ungkap Bahyung. Lanjutnya, saat ini Arbaiyah tinggal seorang diri. Anak dan cucunya sudah pindah ke darat sementara ia tidak mau ikut sebab masi ingin membantu warga yang akan melahirkan. Walau demikian, wanita tua sangat disayangi oleh warga kampung. “Masyarakat disini saling bergantian memberikan nafkah sehari-hari untuk Nenek Bidan yang sangat baik ini,” sebutnya.

Diakhir perbincangan dengan awak media, sebagai perwakilan masyarakat Bahyung berharap pemerintah setempat bisa memperhatikan dan sedikit membantu kehidupan Arbaiyah di hari tuanya. “Nek bidan adalah sosok tauladan kami yang ada di Kampung Nelayan Sebrang ini,” pungkas Bahyung. ***