Minggu, 5 July 2020

MTQ Ke-51 Tingkat Kabupaten Langkat di Brandan Barat

H.Ngogesa Sitepu SH Lepas Pawai Ta’aruf


#boy, langkat

Bupati Langkat H Ngogesa Sitepu SH  secara resmi mebuka MTQ ke-51 tingkat Kabupaten Langkat, kegiatan   dilaksanakan di Kelurahan Pangkalan  Batu Kecamatan Brandan Barat yang dihari beraneka ragam suku, adat istiadat, budaya dan Organisasi masyarakat (Ormas) Senin (26/2/2018)

Kegiatan tersebut dimeriahkan dengan pawai ta’aruf  dengan  warna-warni simbul peserta   yang berbeda bekisar 50 kontingen  kafilah, berjalan dengan diringi  suara dram band, dimulai dari rombongan 23 kafilah peserta MTQ, dari berbagai pelajar dari tingkat SD sampai SMA,  Ormas dan masyarakat, yang melukiskan kebersamaan yang begitu indah. 

Bupati Langkat H.Ngogesa Sitepu SH, langsung melantik Dewan Hakim Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke- 51  dawali dengan  pembacaan  Surat Keputusan (SK) Bupati  No: 451. 15 – 02 / K / 2018, sekaligus  melantik  Kepengurusan Lembaga Tilawah Qur’an  (LPTQ) Kab.Langkat yang baru, dengan SK Bupati No: 451 – 63 / K / 2017 priode 2018 – 2022 sekaligus pemasangan PIN, serta langsung melepas pawai ta’aruf,  di  lapangan bola kaki Kelurahan Pangkalan Batu, Kec.Brandan Barat, Kab.Langkat. 

Kabag  Kessos Setdakab. Langkat  H. Syahrizal, S.Sos, M.Si selaku wakil ketua umum LPTQ menyampaikan  laporannya,  jumlah dewan hakim pada MTQ ke- 51 ini, berjumlah 55 orang dengan 7 cabang MTQ, terdiri dari majelis hakim cabang remaja dan  dewasa berjumlah  dari 15 orang;  dewan hakim  dan  tilawah anak-anak dan tartil qur’an berjumlah  10 orang hakim.

Sedangkan majelis hakim cabang  hifzul quran terdiri dari 1 juzz sampai 5 juzz terdapat 8 orang dewan hakim, lalu 10 juzz ke 20 juzz sampai 30 juzz sebanyak 5 orang dewan hakim. Kemudian  untuk majelis hakim cabang fahmil quran  sebanyak 5 orang dewan hakim, kemudian cabang syahril quran juga sejumlah  5 orang dewan hakim, sedangkan cabang khatil quran juga sebanyak 5 orang dewan hakim.     

“Jadi total dewan hakim seluruhnya berjumlah 55 orang ditambah dengan Ketua Dewan Hakim yang dijabat oleh H. Ahmad Mahfudz selaku ketua MUI Langkat,  ditambah dengan sekretaris Dewan Hakim H.Ahmad Yusril ,S.Sos, MAP,” paparnya.  

Sedangkan jumlah anggota kepengurusan LPTQ, kata  H. Syahrizal, berjumlah 46 orang panitia, yang terdiri dari jajaran beberapa unsur organisasi termasuk didalamnya unsur OPD Langkat dengan jumlah 46 orang itu termasuk dihitung didalamnya pembina LPTQ, yang pembina satunya dijabat oleh Bupati Langkat H.Ngogesa Sitepu SH sedangkan ketua umumnya dijabat oleh Sekdakab. Langkat dr. H.Indra Salahudin, MKes, MM,

 Dan secara resmi MTQ dibuka oleh Bupati Langkat H Ngogesa Sitepu SH pada malam hari Senin (26/2) dan acara  tersebut juga  disertai dengan pemberian bonus kepada 7 orang peserta qori qoriah berperestasi ditingkat provinsi pada MTQ 2017 di Sidikalang Kab.Dairi yang bernilai keseluruhan sebesar Rp.15 juta. 

Turut hadir dalam acara tersebut Kapolres Langkat, Dandim 0203 Langkat, Plt.ketua DPRD Langkat, Sekda Langkat, Para SKPD Langkat, GM Manager PT. LNK Gohor, Muspika Kec. Berandan Barat , Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan  ribuan masyarakat yang  antusias mengikuti jalannya kegiatan .***

Foto:  Bupati Langkat H.Ngogesa Sitepu SH didampingi Kapolres Langkat, Dandim 0203 Langkat, Plt.ketua DPRD Langkat, Sekda Langkat saat melepas pawai ta’aruf, di  lapangan bola kaki Kelurahan Pangkalan Batu, Kec.Brandan Barat, Kab.Langkat.***