Kamis, 9 July 2020

Menghadapi Pilgubsu 2018 di Labuhanbatu :

Insan Pers dan Polres Deklarasikan Pemberitaan Damai


#yasmir, rantauprapat

Difasilitasi Kepala Kepolisian Resor (Ka Polres) Labuhanbatu, AKBP Frido Situmorang SIK SH, Selasa (20/2/2017), insan pers deklarasikan "pemberitaan damai" selama berlangsungnya proses Pemilihan Gubernur / Wakil Gubernur Sumatera Utara, yang akan digelar Juni 2018 mendatang.\

Deklarasi pemberitaan damai ini dihadiri puluhan insan pers dari media cetak, online dan elektronik yang bertugasi di Kabupaten Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara dan Labuhanbatu Selatan. Pernyataan deklarasi "berita damai" ini, ditandatangani puluhan wartawan, bersama ketua-ketua organisasi organisasi profesi kewartawanan yang ada didaerah ini.

Maksud daripada digelarnya deklarasi "berita damai" ini, sebagai upaya agar para wartawan tetap taat dan patuh pada kode etik jurnalistik, tidak menyebarkan "berita hoax, berita berbau sara, ujaran kebencian", dimasing-masing media yang diwakilinya.

Selaku fasilitator pertemuan deklarasi " berita damai", Ka Polres Labuhanbatu, AKBP Frido Situmorang menyampaikan pesan, agar insan pers dalam menyajikan berita, tetap berpanduan pada kode etik jurnalistik. "Dalam menyajikan berita, rekan-rekan wartawan tidak membuat opini berlebihan yang dapat menimbulkan perpecahan, apalagi berbau provokasi mengarah sara", ucap Frido.

Disebutkannya, insan pers berperan besar dalam berdemokrasi, berbangsa dan bernegara. Insan Pers diharapkan dapat membantu tugas-tugas kepolisian dalam menciptakan suasana aman, tertib ditengah-tengah masyarakat.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Labuhanbatu, Neirul Nizam Aru, menyambut positif pencanangan deklarasi " berita damai" yang difasilitasi Ka Polres. "Kita menyambut positif pertemuan ini", ucap Neirul Nizam. ***