Jumat, 20 October 2017

Mendagri Buka Rakor Gubernur Se Wilayah Sumatera


#jack, medan

Rapat koordinasi (rakor) gubernur se Sumatera dengan tema Peningkatan Peran Swasta dalam Pembangunan Regional Sumatera Dalam Rangka Peningkatan Kontribusi terhadap Ekonomi Nasional tersebut dibuka oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia, Tjahjo Kumolo, yang ditandai dengan pemukulan gong oleh mendagri. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia, Dr.Ir.M.Basuki Hadimuljono,M.Sc perwakilan dari Kemententeri BUMN, dan perwakilan dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas. Perwakilan Gubernur se wilayah Sumatera.

Wakil Gubernur (Wagub) Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Jambi, para bupati dan walikota se Provinsi Jambi, para rektor perguruan tinggi se Sumatera, serta para undangan lainnnya. Mendagri dalam sambutannya mengatakan, rapat koordinasi yang digelar tersebut bertujuan untuk memastikan adanya konektivitas antar daerah.

"Mudah-mudahan pada forum hari ini akan menghasilkan kesepakatan satu sinergi dan satu konektivitas untuk pembangunan," kata Mendagri.

Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Tjahjo Kumolo mengharapkan adanya peran yang sangat aktif dari seluruh Pemerintah Daerah dalam mendukung percepatan pambangunan, termasuk dalam pembebasan lahan untuk pembangunan infrastrukur.

“Musrenbang se provinsi di Sumatera disinkronkan dengan Musrenbang se Sumatera,” ujar Mendagri. Mendagri mengungkapkan, ntuk Tahun Anggaran 2018, pembangunan di Sumatera juga harus fokus pada pengentasan kemiskinan, mengurangi pengangguran, dan mengurangi ketimpangan antar wilayah.

“Setiap kecamatan harus ada Puskesmasnya, ada dokter, ada perawat, ada obatnya. Pengelolaan anggaran tidak parsial, harus terintegrasi antara Pusat dan Daerah,” tegas Mendagri. Dalam meningkatkan tata kelola pemerintahan, Mendagri mengemukakan para gubernur untuk meningkatkan penerapan e-plannging dan

e-budgeting, e-Samsat, dan harus menata perizinan yang berbasis IT Selanjutnya, Mendagri mengingatkan penguatan fungsi APIP (Aparatur Pengawas Intern Pemerintah) supaya benar-benar berkontribusi terhadap pemerintahan yang baik.

Gubernur Jambi, H.Zumi Zola,S.TP,MA berharap agar rapat koordinasi gubernur se Sumatera mendorong percepatan pembangunan di wilayah Sumatera, untuk meningkatkan perekonomian dan daya saing daerah, yang selanjutnya akan turut meningkatkan perekonomian nasional Indonesia.

Zola mengatakan, percepatan pembangunan di wilayah Sumatera khususnya pembangunan infrastruktur merupakan hal yang mendesak untuk dilaksanakan, mengingat wilayah Sumatera merupakan pusat kegiataN ekonomi terbesar kedua setelah Pulau Jawa, artinya, jika infrastruktur dasar wilayah Sumatera telah tersedia dengan baik, maka secara bertahap, investasi yang selama ini hanya terpusat di wilayah Jawa, sebagian akan bergeser ke wilayah Sumatera. Pada sisi lain, ketimpangan pembangunan antara Jawa dan luar Jawa, akan menurun. ***