Minggu, 18 August 2019

Malaysia Kembali Deportasi TKI ke Palabuhan Belawan


# hendrik-rompas, belawan

Pemerintahan  Malaysia kembali mendeportasi tenaga kerja asal Indonesia melalui Pelabuhan Batam ke Pelabuhan Belawan Minggu ( 11/09/2016 ). 290 TKI yang dipulangkan ini, setelah menjalani hukuman dinegara jiran tersebut karena Pasport mereka telah mati ijin tinggalnya. Umumnya para TKI ini telah dihukum selama 3 hingga 5 bulan lamanya.

Di Pelabuhan Belawan ke 290 orang  TKI yang baru turun dari atas kapal KM Kelud itu dimasukkan ke ruangan tunggu keberangkatan penumpang Terminal Bandar Deli, Belawan untuk diperiksa.

Usai diperiksa petugas Departemen Sosial Propinsi Sumatera Utara kumudian mereka digiring masuk kedalam bus untuk dibawa ketempat asalnya masing masing seperti Medan , Aceh , Langkat,Tanjung Balai Asahan, Pekan Baru  dan ke Pulau Jawa.

Salah seorang tki asal Langkat, Lasmini (25), sambil menggendong anak bayinya umur 3 bulan mengaku ditahan pemerintah Malaysia karena Pasport telah mati dan dia dihukum selama 3 bulan tapi bukan dipenjara melainkan ditahan dirumah sakit karena melahirkan anak

Lasmini mengaku bekerja di Malaysia sebagai penjaga toko dan suaminya warga Banglades bekerja dipabrik roti. Setelah dia tiba di rumahnya nanti dia akan mengurus pasport kembali dan akan kembali lagi ke Malaysia menyusul suaminya yang saat ini masih bekerja disana. ***