Jumat, 16 November 2018

Ketua DPRD Binjai Tinjau Proyek Jalan Rusak


#sabar, binjai
Ketua DPRD Binjai, H Zainuddin Purba, meninjau proyek perbaikan jalan rusak di sepanjang Jalan Gatot Subroto, Kecamatan Binjai Barat, Kota Binjai, Senin (10/09) sekira pukul 11.00 WIB. Hal itu dilakukan menyusul banyaknya laporan masyarakat yang mengeluhkan lambannya proses perbaikan jalan hingga menimbulkan kemacetan.

Dalam sidak (inspeksi mendadak) tersebut, Ketua DPRD Binjai H Zainuddin Purba didampingi Anggota DPRD, Maruli Malau dan Ambi sempat terlihat ikut membantu mengurai kemacetan yang disebabkan adanya satu unit truk BK 9899 CO bermuatan hasil galian C masuk terperosok ke dalam lubang besar menganga tepat di tengah persimpangan Lincun. Truk tersebut berusaha mengambil jalur berbelok ke arah Jalan Sutoyo.

Dalam kesempatan itu, H Zainuddin Purba juga sempat berbincang bincang sembari mendengarkan seluruh keluhan warga setempat terkait persoalan yang ditimbulkan akibat lambannya proses perbaikan jalan rusak tersebut. Menurut warga selain menimbulkan kemacetan, proses pengerukan badan jalan secara keseluruhan juga membuat jumlah lobang di sepanjang jalan tersebut kini malah semakin banyak. Hal itu disebabkan tingginya volume jumlah kendaraan khususnya truk berlebih muatan memaksa untuk melintas di jalan tersebut.

Selain itu, warga juga berharap kepada dinas terkait agar menyediakan mobil untuk mendorong truck yang terperosok masuk ke dalam lubang besar di tengah badan jalan tersebut.

"Kalau bisa juga disediakan mobil air untuk menyiram jalan ini karena kalau lagi panas abunya luar biasa sekali,” harap warga.

Kadishub Kota Binjai, Syahrial yang tiba tak lama setelah mengetahui kedatangan H Zainuddin Purba di lokasi tersebut berjanji segera menurunkan empat personil untuk mengatur lalu lintas di kawasan tersebut.

"Kalau saya ditanya apa solusinya ya harus ditimbun jalan yang berlobang itu,” sebutnya.

Setelah sejam lebih melakukan peninjauan, rombongan Ketua DPRD Binjai H Zainuddin Purba langsung bertolak meninggalkan lokasi untuk menuju Kantor UPT Dinas PU Sumut. Dan diterima Pengawas Harian, Rita Kembaren ST.

Dalam kesempatan itu, H Zainuddin Purba menyampaikan tujuan kedatangannya terkait banyaknya laporan masyarakat yang mengeluh karena lambannya proses perbaikan jalan rusak di kawasan tersebut. "Tadi saya lihat sendiri bagaimana kondisinya memang sangat memprihatinkan sekali, akibat pengorekan jalan tersebut tadi banyak mobil yang masuk terperosok ke dalam lobang dan kondisi ini sudah sebulan lebih dirasakan masyarakat," ucapnya.

Dalam waktu dekat, pihaknya menyurati secara resmi pihak UPT Dinas PU Sumut agar segera dicarikan solusinya. "Kami akan segera surati supaya dicarikan solusi secepatnya," tukasnya.

Menanggapi hal itu, Rita Kembaren ST berjanji segera menyampaikan persoalan ini ke pihak rekanan yang melaksanakan proyek perbaikan jalan rusak tersebut. Pihaknya mengaku sudah berulang kali memberitahukan persoalan ini secara lisan ke pihak rekanan, namun tidak ada tindak lanjutnya. "Kami sudah sarankan supaya pengerukan dilakukan secara bertahap artinya jangan seluruhnya dikeruk. Tapi tetap saja seluruh badan jalan dikeruknya hingga akhirnya menimbulkan persoalan kemacetan,” sebutnya.

Rita juga sudah mengimbau rekanan untuk mempercepat proses perbaikan atau di LC terlebih dahulu. Selain itu, pihaknya menyarankan proses pengerjaan harus dilakukan pada malam hari. "Nanti secara resmi akan kami surati pihak rekanannya. Kami janji pak," tandasnya. ***

Teks Foto: Lokasi kawasan Jalan Gatot Subroto Binjai yang dalam perbaikan. Foto: Sabar Simanjuntak