Kamis, 21 November 2019

Kapal Tangker Tabrak Bot Nelayan,1 Hilang dan 3 Selamat


# hendrik-rompas, belawan

Kapal tanker MT Victory Prima yang sedang berlayar dari Belawan menuju Dumai menubruk kapal nelayan dikawasan Boy 2 Rabu (09/11/2016 ) sekitar pukul 19.30 wib. 

Akibatnya, 1 ABK pukat Jalur KM Jaya ll hilang dan 3 selamat.

Menurut keterangan, kapal tanker MT Victory Prima ber ABK 24 orang ini pada malam itu asal Pelabuhan Belawan dalam keadaan kosong mau menuju ke Dumai untuk mengangkut BBM.

Setibanya dikawasan Bui 2 dari arah Selatan bertemu dengan kapal nelayan KM Jaya ll yang bermaksud mau ke Laut mencari ikan .

Secara mendadak kapal nelayan ini memacu kecepatan dan berusaha memotong kapal MT Victory Prima yang sedang melaju dengan kecepatan tinggi .

Kapal nelayan KM Jaya ll tersebut ketika berusaha memotong langsung buritannya ditubruk dari arah belakang dan pecah sementara 4 orang ABK kapal tersebut jatuh kedalam laut .

Kemudia kapal MT.Victory Prima yang menubruk kapal nelayan tadi langsung berputar berusaha menyelamatkan ABK kapal nelayan sebanyak 3 orang menggunakan sekoci kapal dan langsung dinaikkan keatas kapal.

Setelah ketiga ABK kapal tiba diatas kapal penubruknya kemudian tekong kapal ikan KM Jaya ll memberitahukan kepada nakhoda kapal penyelamatan ya bahwa mereka seluruhnya berjumlah 4 orang dan 1 orang lagi masih tertinggal didalam kapal.

Mendapatkan informasi tersebut kemudian Kapal Tanker tersebut kembali berputar mencari 1 orang dan hingga pagi hari ABK kapal nelayan tersebut tidak ditemukan maka kapal Tanker tersebut kemudian lego jangkar di Bui l.

Sekitar pukul 09.00 wib kapal Tanker tersebut didatangi kapal patroli KPLP, kemudian ketiga ABK kapal nelayan tersebut diserahkan ke kapal patroli KPLP dan membawanya ke gudang Tekong di Gabion Belawan .

Siang harinya pemilik kapal ikan Asem langsung menyerahkan ketiga ABK kapal nelayan tersebut ke kantor Ditpolair Polda Sumatera Utara di Belawan dan diperiksa .

Ketiga ABK kapal nelayan yang berhasil diselamatkan kapal Tanker MT Victory Prima tersebut masing masing Sopyan (48)sebagai Tekong/Nachoda warga Tanjung Balai Asahan, Rizal E Manurung (40) dan Wan Chairuddin (30) semuanya warga yang sama sedangkan yang hilang Ishak ( 49) warga Tanjung Balai Asahan kini dalam pencarian petugas Basarah,Pelari Polda dan KPLP ,sementara ABK Kapal Tanker MT Victory Prima seluruhnya diperiksa petugas. ***


Foto 3 orang ABK kapal nelayan yang berhasil selamat.