Minggu, 21 July 2019

Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) Tahun 2019 Kota Binjai


#eka, binjai

Walikota Binjai, H. Muhammad Idaham, SH, M.Si menghadiri acara Kampanye Stop Narkoba dalam rangka memperingati Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) kota Binjai tahun 2019 dengan mengangkat tema "Milenial Sehat tanpa Narkoba menuju Indonesia Emas" di Pendopo Umar Baki, Rabu (26/06/2019).

Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) yang diperingati setiap tanggal 26 Juni merupakan bentuk keprihatinan dunia terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika yang berdampak buruk terhadap kesehatan, perkembangan sosial ekonomi, serta kemanan dan kedamaian dunia.

Kepala BNN Kota Binjai AKBP Suprayogi, SH dalam membacakan laporan  Kepala BNN Pusat, Drs. Heru Winarko, SH menyampaikan bahwa aparat penegak hukum berhasil mengungkap kasus-kasus kejahatan narkotika dengan barang bukti yang disitu berupa Shabu 48,23 Ton, Ganja 41,27 Ton serta Ekstasi 1.594.083 Butir. Data tersebut bersumber dari BNN, Polri, Bea dan Cukai Kemenkeu RI periode Januari-Desember 2018.

Pada tahun 2018, BNN telah mengungkap kasus TPPU terkait kejahatan narkotika dengan barang bukti yang berhasil disita berupa aset dalam bentuk kendaran bermotor, properti, tanah, perhiasan, uang tunai, dan uang dalam rekening. Aset-aset tersebut nantinya akan dimanfaatkan oleh Negara untuk mendukung kinerja aparat dalam hal penegakan hukum tindak pidana narkotika.

"Saya menyampaikan apresiasi atas dilaksanakannya acara kampanye stop narkoba dalam rangka peringatan HANI tahun 2019 tingkat kota Binjai, dimana kampanye yang kita laksanakan ini memiliki peran yang sangat strategis sebagai media pendekatan dan komunikasi yang melibatkan semua komponen masyarakat dalam rangka pencegahan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba", jelas Idaham dalam menyampaikan arahannya. ***