Kamis, 2 July 2020

Hadapi Keperluan Donor Darah di Aula DPRD Sumut

TMP DPRD Siap Bantu Kekurangan Kantong Darah


>> jack, medan

Taruna Merah Putih (TMP) Sumatera Utara dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sumatera Utara (DPRDSU) siap membantu kekurangan kantong darah yang dibutuhkan masyarakat. Kesiapan itu diwujudkan dengan penyediaan kantong darah melalui kegiatan donor darah yang dilaksanakan di aula DPRDSU pada Minggu, 15 Maret 2015.

Kesiapan kegiatan donor darah itu merupakan hasil pertemuan Ketua Panitia Donor Darah Brilian Moktar, SE, MM dengan Ketua DPRDSU H. Ajib Shah, S.Sos di ruang kerja di Medan, kemarin (Selasa, 3/3).

Menurut Brilian, dalam kegiatan donor darah itu, TMP Sumut yang berada dibawah kepemipinan Budiman Pardamean Nadapdap akan melibatkan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Medan dan Persatuan Donor Darah Indonesia (PDDI) Sumatera Utara.

Kegiatan itu dilaksanakan untuk membantu PMI dalam menyediakan kantong darah yang setiap hari selalu mengalami kekurangan. Kekurangan kantong darah itu merupakan salah satu keluhan pengelola RS untuk membantu pasien yang membutuhkan darah.

Karena itu, sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat yang membutuhkan kantong darah, pihaknya menyelenggarakan donor darah bekerja sama dengan DPRDSU dan PMI Kota Medan.

Didamping tim PMI seperti dr Randy, drg Natalina Hutabarat MKes, Hadinata Rusli, Darmin Willy, dan Yanti, Brilian menyebutkan bahwa melalui kegiatan donor darah tersebut, diharapkan terkumpul kantong darah sekitar 500 kantong yang langsung akan disumbangkan ke PMI Kota Medan.

Untuk mencapai jumlah kantong darah tersebut, pihaknya akan mengajak seluruh kader TMP, anggota DPRDSU, kader PDI Perjuangan, dan elemen masyarakat lainnya. "Donor darah ini banyak manfaatnya. Selain dapat menolong orang lain, donor darah juga membantu dalam meningkatkan kesehatan pendonor," kata Brilian yang juga anggota DPRDSU dari Fraksi PDI Perjuangan.

Brilian menambahkan, kegiatan donor darah yang diselenggarakan TMP Sumut tersebut merupakan kegiatan yang pertama kali dilaksanakan di gedung DPRDSU

Ketua DPRDSU H. Ajib Shah yang menerima kepenitiaan donor darah itu mendukung secara penuh kegiatan kemanusiaan yang berkaitan dengan kesehatan tersebut.

Sebagai politisi yang pernah memimpin Pemuda Pancasila, Ajib Shah mengaku rutin menyelenggarakan kegiatan yang berkaitan dengan aspek kemanusiaan tersebut. "Sekarang, tes darah menjadi salah satu syarat menjadi Ketua Pemuda Pancasila. Kalau tidak bersih, bisa gagal" katanya.

Untuk menyemarakkan donor darah tersebut, Ajib Shah menyarankan kepantiaan untuk mengirimkan surat secara resmi agar dapat diteruskan untuk menganjurkan anggota DPRDSU dan PNS untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Ajib Shah juga menyarankan kepanitiaan untuk menyurati SKPD Pemprovsu dan instansi lain yang ada di sekitar gedung DPRDSU agar dapat berpartisipasi dalam kegiatan donor darah itu. "Ini kegiatan yang bersifat kemanusiaan, harus didukung," ujar Ajib Shah. ***