Minggu, 12 July 2020

Gubernur Pantau Hilal di Kantor Gubernur


# jack, medan

Gubernur Sumatera Utara memantau kondisi hilal dari lantai 9 Kantor Gubernur, Jumat (26/5). Selain di Medan, pihaknya juga menyiapkan alat dan tim untuk rukyat di Pantai Barus Tapteng.

"Sebagaimana saya sampaikan, tahu lalu sebenarnya hilal itu lebih jelas dilihat dan lebih dekat kalau dia berada di tepi pantai," ujar Gubernur.

Karenanya disampaikan Erry, bahwa alat dan tim sudah disiapkan di pesisir pantai barat Sumut itu untuk melihat hilal dalam menetapkan satu Ramadan 1438 Hijriyah. Sehingga penglihatan bisa lebih jelas.

Sementara Petugas dari BMKG Medan Rully mengatakan bahwa untuk menentukan hilal, dilihat antara matahari tenggelam dengan terbitnya bulan. Di mana hitungannya adalah sebesar 5-6 derjat. Dari kondisi itu, pihaknya menunggu waktu matahari tergelincir di Barat.

"Jadi nanti posisinya akan dilihat, antara matahari dan bulan. Bentuk bukan akan seperti garis melengkung (bulan sabit)," katanya.

Namun diakuinya kondisi awan yang tebal membuat penglihatan menjadi sulit dilakukan. Meskipun begitu, penentuan satu Ramadan juga bisa dilakukan melalui perhitungan hisab. "Selain rukyat dilakukan juga melalui perhitungan hisab. Karena untuk itu, biasanya dilakukan dalam sidang kabar,' katanya. ***