Kamis, 2 July 2020

Festival Takbir Akbar Piala Wagirin Arman

Bangkitkan Kejayaan Islam di Indonesia


# jams, deliserdang

Ketua Ormas Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong (MKGR) Provinsi Sumatera Utara, H.Wagirin Arman,S.Sos meminta kalangan masyarakat muslim agar membangkitkan kejayaan Islam di tanah air khususnya di daerah. Sebab, saat ini semakin banyak masyarakat mulai menjauh dari ajaran agama. 

"Makanya salahsatu dilaksanakannya festival takbir akbar Kabupaten Deliserdang ini, semata-mata bertujuan sebagai momentum membangkitkan kembali kejayaan Islam di tanah air khususnya di daerah ini,"kata Wagirin Arman juga duduk sebagai Anggota DPRDSU dari Fraksi Partai Golkar, saat membuka acara Festival Takbir Akbar tingkat Kabupaten Deliserdang di Kecamatan Hamparan Perak, Rabu (23/9) malam. 

Turut hadir dan memberikan sambutan, Sekcam Hamparan Perak Supranoto, Ketua DPD KNPI Sumut, Dodi Susanto, Ketua Panitia Pelaksana, Ridho Ilahi serta Sekretaris Fraksi Partai Golkar DPRDSU juga Sekretaris Ormas MKGR Sumut, HM Hanafiah Harahap, SH. Festival takbir akbar dihadiri ribuan masyarakat di Kabupaten Deliserdang itu menggelar sejumlah perlombaan, diantaranya takbir akbar keliling sejumlah lokasi di Hamparan Perak, pawai akbar hiasan kenderaan dengan ornamen keislaman, yang diikuti sebanyak 22 kontingen hingga lomba busana muslim.

Dalam sambutannya Wagirin Arman juga menegaskan, pelaksanaan festival takbir akbar tingkat Kabupaten Deliserdang tersebut telah dilaksanakannya sejak tahun 1990. "Kini kegiatan festival takbir akbar ini sudah berusia 25 tahun. Kegiatan ini semata-mata selain sebagai ajang silaturrahmi bagi umat dan masyarakat, juga sebagai momentum peningkatan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT bagi masyarakat khususnya generasi muda islam,"kata mantan Ketua DPRD Deliserdang ini.

Lebihlanjut Wagirin Arman menjelaskan, sejak festival akbar ini digelar tetap memberikan dan memperebutkan sejumlah hadiah baik berupa trophy tetap dan bergilir serta dana pembinaan bagi para peserta."Namun saya berharap kepada para peserta generasi muda islam di daerah ini, hendaknya jangan menjadikan kegiatan ini sebagai ajang untuk memperoleh hadiah semata. Namun, jadikanlah kegiatan ini sebagai sarana pembelajaran dan pengalaman yang berharga,"sebut Wagirin.

Sebelumnya, Ketua DPD KNPI Sumut, Dodi Susanto dalam sambutannya mengapresiasi pelaksanaan festival takbir akbar diprakarsai Wagirin Arman. Dodi Susanto mengaku, festival takbir akbar yang diikuti kebanyak kaum gerenasi muda islam ini sangat positif dijadikan contoh bagi tokoh dan pejabat lainnya di Sumut. 

Hal senada disampaikan Sekcam Hamparan Perak, Supranoto dalam sambutannya juga mengapresiasi pelaksanaan festival takbir akbar diprakarsai Wagirin Arman. Sebab menurutnya pelaksanaan festival takbir akbar ini diyakini dapat mengurangi aksi para generasi muda dalam melakukan tindakan kejahatan yang belakangan ini marak dilakukan kalangan pemuda.

Selanjutya, Ketua Panitia Pelaksana, Ridho Ilahi dalam laporannya menyampaikan pelaksanaan festival takbir akbar atau seni budaya islam ini diikuti oleh para remaja dan pemuda dari berbagai desa hingga masjid di kabupaten Deliserdang khususnya Kecamatan Hamparan Perak. "Festival takbir akbar, seni dan budaya islam ini hingga kini masih tetap memperebutkan piala atau trophy tetap bergilir dari bapak Wagirin Arman,"ujarnya. ***