Senin, 9 December 2019

Eksport Sumut ke Amerika US$ 369,79 juta dan impor US$ 128,49 juta

Wakil Ketua DPRD Sumut Terima Konsulat Amerika


# jack, medan

Wakil Ketua DPRD Sumatera Utara, Parlinsyah Harahap mengharapkan hubungan Masyarakat Sumut dengan Amerika Serikat dapat terus terjalain baik. Bahkan diharapkan juga terus meningkat, terutama hubungan masa mendatang, terutama jika dilihat grafik perdagangan sumut ke Amerika, baik eksport US$ 369,79 juta dan impor US$ 128,49 juta.

Demikian harapan yang disampaikannya saat menerima kunjungan perkenalan Juha P Salin sebagai Konsul Jenderal Amerika Serikat yang baru bertugas di Medan, Rabu (3/8/2016) diruang kerja Ketua Dewan di Medan.

Pada kesempatan itu, Parlinsyah yang didampingi Sekretaris Dewan (Sekwan) H Randiman Tarigan mengucapkan selamat bertugas kepada Konjen AS Juha P Salin. Kedua pemimpin ini lebih banyak bertukar fikiran terkait Politik, Budaya masyarakat, ekonomi dan Parawisata.

Politikus Partai Gerindra itu berharap hubungan ekonomi dan kerjasama lainnya semakin erat dan ditingkatkan pada masa kepemimpinan Juha P Salin. Juha mengharapkan Amerika Serikat bisa berinvestasi di Sumatera Utara mengingat daerah ini memiliki potensi yang cukup baik.

Menanggapi hal tersebut, Konjen Juha P Salin berjanji akan membicarakan hal itu lebih jauh pada masa-masa yang akan datang. “Saya merasa yakin jalinan hubungan kerjasama antara Amerika akan berlansung baik dan meningkat, teritama bila dilihat kebutuhan sumatera utara terhadap infrastruktur untuk menunjang peningkatan upaya membangun pariwisata di Sumatera Utara,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, sejak Januari sampai Mei tahun 2016 tercatat ekspor Sumut ke negeri Paman Sam senilai US$ 337,86 juta. Sedangka nilai impor dari AS ke Sumut periode yang sama senilai US$ 86,54 juta. Dijelaskannya sebagian besar produk ekspor adalah hasil perkebunan, industri pengolahan, produk hasil laut dan pertambangan. Sedangkan produk impor sebagian besar adalah produk barang modal dan bahan penolong industri.

Jika dilihat secara umum, volume ekspor Sumut ke Amerika berkisar 5% dari total ekspor Sumut. Dimana total nilai ekspor Sumut pada tahun 2014 tercatat US$ 9,36 milyar dan pada tahun 2015 tercatat menurun menjadi US$ 7,75 milyar. ***