Minggu, 21 July 2019

Buruh Ilegal Bongkar Sapi Asal Australia


# hendrik-rompas, belawan

Sedikitnya  2556 Sapi asal Australia dibongkar di Pelabuhan Belawan secara Ilegal,Senin (28/11/2016) . Pembongkaran sapi import asal Australia yang diangkut kapal MV. Agus Ekspres bendera Panama dan sandar di dermaga 007 Pelabuhan Belawan ini Ilegal.

Buruh yang membongkar sapi sebanyak itu buruhnya tidak terdaftar di Koperasi Upaya Karya Pelabuhan Belawan dan perusahan PBM PT Teratai Negeri Sukatani yang menangani sapi itu tidak memberi Amprah kerja ke UJBM(Unit Jasa Bongkar Muat) Pelabuhan Belawan maupun ke Koperasi Upaya Karya (Tenang Kerja Bongkar Muat) TKBM .

Akibat amprah sapi import ini tidak diberikan ke UJBM dan TKBM pembongkaran sapi import tidak bisa dilakukan oleh buruh yang tergabung dikoperasi tersebut.

Buruh dari koperasi TKBM yang jumlahnya puluhan orang terpaksa mengganggur tidak berkerja digantikan oleh buruh Ilegal yang tidak memiliki Pas kerja.

Koprasi Upaya Karya (TKBM) Pelabuhan Belawan, Simamora kepada wartawan mengatakan bahwa perusahaan bongkar muat PT Teratai Negeri Sukatani tidak ada memberikan amarah kerja ke UJBM maupun ke TKBM.

Masih menurut keterangan Simamora, PT Teratai Negeri Sukatani selama bulan Nopember 2016 ini sudah tiga kali melakukan kegiatan bongkar sapi import asal Australia dan tidak ada memberikan amprah kerja ke Korporasi TKBM .

Marga Sitorus pimpinan PT Teratai Negeri Sukatani mengakui bahwa amprah bongkar sapi import tersebut sudah diberikan kepada oknum yang bertugas di OP (Otoritas Pelabuhan) Belawan tapi kenyataannya.ya Oknum tersebut tidak menyerahkannya ke UJBM dan ke TKBM.

Kasus tidak diserahkan amprah kerja ini akan dilaporkan ke Mabes Polri/Tim Saber (Sapu Bersih Pungli).Apa sebabnya amprah kerja tersebut tidak diserahkan ke UJBM dan TKBM ?

Foto sapi import yang baru dibongkar. ***