Rabu, 27 May 2020

Bupati Langkat Gelar Rapat Khusus Cegah Corona Virus


#boy, langkat

Kesehatan masyarakat Langkat merupakan prioritas utama bagi Terbit Rencana PA. Buktinya, mendengar kabar Corona Virus telah masuk ke Indonesia dirinya langsung mengambil langkah pencegahan, agar tidak masuk ke wilayahnya.

Salah satu upayanya, sebagai Bupati Langkat Ia menggelar rapat khusus dengan para pejabat esellon di jajaran Pemkab Langkat, bertempat di kekediaman pribadi Bupati, Desa Raja Tengah, Kecamatan Kuala, Langkat, Selasa (10/3/2020). 

Bertujuan, untuk menyatukan komitmen dalam penanganan  virus corona atau Covid-19, agar seluruh masyarakat negeri bertuah tidak terkena wabahnya. 

Pada rapat itu, Bupati Langkat dengan  tegas, menginstruksikan kepada instansi terkait, seperti Dinas Kesehatan dan Tenaga Kerja melakukan aksi nyata pencegahan. "Kepada OPD terkait, lakukan aksi nyata dalam mengantisipasi masuknya virus corona di Langkat, " tegasnya. 

Yakni, sambung Bupati, seperti mendata perusahaan yang mempekerjakan tenaga asing. Terkhusus kepada Disnaker untuk mendata para pekerja asing yang bekerja di PLTU Pangkalan Susu. "Di sekolah sekolah juga harus kita himbau, agar anak dan gurunya sama sama menjaga kebersihan lingkungan sekitar," ajaknya. 

Selain itu, Sekdakab Langkat dr H. Indra Salahudin, menjelaskan, rapat ini juga membahas  upaya Pemkab Langkat dalam mengantisipasi virus corona,  dengan cara mendeteksi segala kemungkinan yang bisa membuat menyebarnya virus corona.

Sementara, Kadis Kominfo H. Syahmadi, menyampaikan, sebelumnya Bupati Langkat juga telah menyiapkan posko serta memberikan himbauan untuk pencegahan virus corona kepada masyarakat. Baik melalui media sosial dan melalui selembar PDF yang bisa disebarkan lewat aplikasi WA atau sejenisnya. Isi himbauan tersebut, papar Kadis Kominfo. 

Himbauan Pemkeb Langkat kepada masyarakat Langkat terkait penyebaran Covid-19 yakni corona virus. 

Pertama, tidak perlu panik dan jangan menyebarkan informasi yang belum tentu benar, terkait corona virus.  Kedua, tidak perlu menimbun sembako atau kebutuhan lainnya, karena akan menggangu kestabilan perekonomian yang merugikan banyak orang. Ketiga, tetap waspada dengan menerapkan prilaku hidup bersih dan sehat serta menjaga stamina tubuh.  Keempat, jika mengalami demam lebih dari 38°C, batuk, sakit tenggorokan, sesak nafas, kenakan masker dan segera memeriksakan diri Kepaslitas ke sehat atau melaporkan ke Posko Covid-19 Dinkes Kabupaten Langkat. "Atau menghubungi, Call Center 081396032994 posko pelaporan Covid - 19 Dinkes Langkat, " sampainya. 

Rapat ini dihadiri Sekwan DPRD Langkat, Asisten Adm Tata Pemerintahan, Asisten Adm Ekbangsos, Staf Ahli Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan serta Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Plt. Staf Ahli Bidang Sosial, SDM dan Kemasyarakatan, Inspektur, Kadis Pariwisata dan Kebudayaan, Kabag Umpel, Kabag Tapem, Kabag Kessos, Kabag Humas Protokol. ***