Minggu, 18 August 2019

Anak Nelayan Mencari Blangkas Membantu Ekonomi Orangtua


#hendrik-rompas, belawan

Ramadhan (9) dan adiknya Fitri (8) masing masing duduk di sekolah Dasar SD di Kampung Nelayan Seberang Kelurahan Belawan l Kecamatan Belawan dengan gigihnya membatu orang tuanya untuk mencari nafkah untuk menyambung hidup mereka.

Hal tersebut dijelaskan,Ramadhan dan Fitri saat ditemui ditepi pantai Jalan Kampar Belawan usai mencari Blangkas untuk dijual kepada pembelinya. Kedua anak tersebut pasangan dari Muhammad dan Dyafrida yang berpropesi sebagai nelayan mencari ikan dan mencari kerang.

Sang ayah mencari ikan dengan cara memancing sedangkan mamaknya mencari kerang dengan cara menanggok dibawah air dikawasan ujung Gabion.Namun pencarian kedua orang tuangnya akhir akhir ini tidak mencukupi mereka karena ayahnya jika memancing ikan terkadang dapat dan terkadang tidak dapat akibat pukat Trawl yang akhir akhir marak beroprasi sementara mamaknya juga begitu saat mencari kerang terkadang dapat dan terkada tak dapat karena lokasi pencarian kerang sudah ditimbun pasir .

Maka mereka berdua membantu kedua orang tuanya untuk mencari nafkah dengan cara mencari Blangkas saat air laut pasang. Blangkas yang didapat cukup lumayan terkadang bisa mendapat 15 ekor lebih dan terkadang hanya mendapat 6 ekor. Setelah Blangkas blangkas tersebut didapat kemudian dibawa kepinggiran pantai dan ada yang membelinya perekor seharga Rp 15 ribu rupiah.

Sedangkan uang hasil penjualan Blangkas tersebut sebahagian kami serahkan kepada orang tuanya dan sebahagia kami ambil untuk jajan sekolah dan membeli buku tulis dan lain lainnya. Ramadhan saat duduk dikelas lll SD dan adiknya Fitri masih kelas ll ini bertekat akan terus membantu kedua orang tuanya untuk mencari nafkah.Harapannya kepada Pemerintah Kota Medan, tolonglah dibantu warga yang tidak mampu ini.***

Foto Ramadhan dan Fitri pencari blangkas. (*)