Minggu, 18 August 2019

Akibat Negaranya Sedang Mengalami Komplik

24 Pencari Suaka di Negara Ketiga Terdampar di Belawan


# hendrik-rompas, belawan

Akhir akhir ini kantor Imigrasi Kelas ll Belawan diserbu warga negara asing yang mencari suaka ke negara ketiga, karena dinegara mereka sedang terjadi komplik. Demikian halnya pada Selasa (06/09/2016) petugas Imigrasi Kelas ll Belawan menerima 24 orang Warga negara asing yang diserahkan petugas Polsek Belawan.
Ke 24 warga negara asing yang diserahkan petugas Polsek Belawan ini masuk ke Indonesia melalui Malaysia via Tanjung Balai menggunakan kapal ikan dan sandar di Pelabuhan tikus.
Kemudian calo calo yang ada di Tanjung Balai membawa mereka ke stasiun bus dan mengirim mereka ke Belawan setelah memaksanya membayar 1000 ringgit setiap kepala atau setiap orangnya.
Setiba di Belawan sopir bus langsung mengantar mereka ke kantor Polisi karena di kantor Polisi mereka aman tidak ada menggantinya.
Ke 24 warga negara asing ini masing dari negara Somalia sebanyak 9 orang, pria 3 orang, wanita 6 orang dan membawa anak anak kecil pula.
Dari Sri Rangsangan sebanyak 7 orang juga membawa anak kecil, dari Afganistan sebanyak 5 orang semuanya orang dewasa, dari Malaysia sebanyak l orang.Pakistan l orang ditambah 3 orang warga negara Kamboja 2 orang dan warga negara Mianmar l orang  yang 3 orang ini penyerahan dari PSDKP Belawan dalam kasus ilegal fishing.
Kepala Imigrasi Kelas ll Belawan, H Bagus Putu melalui kasi Wasdakimnya,Ridha Sah Putra membenarkan mereka baru saja menerima 24 orang asing dari penyerahan petugas Polsek Belawan  dan ke 24 orang asing ini sedang diperiksa petugas Imigrasi dan usai diperiksa nanti merekapun akan kami serahkan kekantor Rudenim Belawan jelas Ridha kepada wartawan. ***