Sabtu, 15 December 2018

Wujudkan Pengelolaan Keuangan Daerah Lebih Baik

Bangun Terus Sinergi Legislatif dan Eksekutif


#jack, medan

Pemko Medan telah melaksanakan berbagai langkah kebijakan pokok di berbagai sektor, seperti di bidang kesehatan, pendidikan, infrastruktur dan berbagai aspek pelayanan umum lainnya secara optimal.

Sementara dari sisi pengelolaan keuangan daerah, Pemko Medan juga bekerja semakin terencana dan rasional, guna mewujudkan pengelolaan keuangan daerah yang semakin berdaya guna dan berhasil guna. Untuk itu Pemko Medan akan terus meningkatkan kapasitas fiskal daerah, guna mendukung pembiayaan pembangunan kota yang relatif semakin besar pada masa mendatang.

Demikianlah disampaikan Wali Kota Medan Drs. H. T. Dzulmi eldin S, MSi, MH dalam sambutan yang dibacakan dalam Rapat Paripurna DPRD Kota Medan dalam acara Penyampaian Laporan Panitia Khusus, Pendapat Fraksi-Fraksi DPRD Kota Medan dan Pengambilan Keputusan DPRD Kota Medan Serta Persetujuan Bersama Antara Pimpinan DPRD Dengan Kepala Daerah Kota Medan Terhadap Rancangan Peraturan Daerah Kota Medan Tentang RAPBD Kota Medan Tahun Anggaran 2019 di Gedung DPRD Kota Medan, Rabu (28/11).

‘’Pekerjaan ini tentunya tidak mudah, tetapi dengan sinergi dan kemitraan yang semakin baik, terutama antara legislatif dengan eksekutif secara bertahap dapat dan mampu mewujudkan pengelolaan keuangan daerah yang semakin baik, transparan dan akuntabel dengan kemampuan keuangan yang lebih optimal, ujar Wali Kota.

Wali Kota mengucapkan rasa syukurnya karena pembahasan dan persetujuan terhadap Ranperda APBD Tahun Anggaran 2019 berjalan lancar dan konstruktif. Hal ini menjadi langkah awal untuk terus meningkatkan kinerja implementasi pelaksanaan anggaran secara lebih baik lagi pada masa yang akan datang menjadi lebih tepat waktu, tepat mutu dan tepat sasaran.

Ungkapan ini sebagai wujud rasa syukur Wali Kota menyusul disetujuinya Ranperda Kota Medan Tentang APBD Kota Medan Tahun Anggaran 2019 menjadi Perda oleh sembilan Fraksi yang ada di DPRD Kota Medan.

Sebelumnya, melalui laporan Panitia Khusus Pembahasan RAPBD yang disampaikan oleh H. Ilhamsyah selaku Ketua Pansus memaparkan hasil pembahasan Ranperda Kota Medan tentang APBD Kota Medan tahun anggaran 2019. ‘’Penetapan dan pengesahan Ranperda ini telah disetujui oleh semua Fraksi DPRD Medan menjadi Peraturan Daerah (Perda),” kata Ilham.

Selain itu, lanjut Ilham, Perda ini harus dijadikan pedoman bagi Pemko Medan khususnya seluruh OPD dalam mengatur penerimaan dan belanja daerah untuk pelaksanaan pembangunan daerah.

“Perda ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi Pemko Medan untuk mencapai tujuan fiskal, meningkatkan koordinasi antar OPD yang ada di jajaran Pemko Medan. Dengan itu diharapkan dapat menghadirkan serta menciptakan efisiensi dan keadilan terhadap penyediaan barang dan jasa publik, menciptakan prioritas dalam penggunaan belanja Pemda serta meningkatkan transparansi pemerintah daerah terhadap masyarakat kota Medan,” tutur Ilham. ***