Rabu, 20 March 2019

Wakil Ketua Fraksi Demokrat Muchri Fauzi Hafiz:

Dirut Tirtanadi Sutedi Raharjo Berhasil Tingkatkan PAD


#al-amin, medan

Muhri Fauzi Hafiz, wakil ketua fraksi partai Demokrat DPRD Sumut, melalui pesan WhatsApp yang disampaikan, Jumat, (15/3/2019), memberikan tanggapannya soal proses seleksi jajaran Direksi PDAM Tirtanadi.

Muhri Fauzi Hafiz, mengatakan, baginya ada dua kriteria sosok calon direktur utama PDAM Tirtanadi periode kepemimpinan Gubernur Edy Rahmayadi dan wakil Musa Rajekshah yang harus diperhatikan, yaitu, pertama, mampu mendukung semangat Gubernur dalam meningkatkan pendapatan daerah (PAD) sampai 18 triliun rupiah pada tahun 2023 nanti. Kedua, mampu menjamin tercapainya cakupan pelayanan air minum kepada semua masyarakat yang membutuhkan di wilayah Medan, Binjai, Deli Serdang dan sekitarnya.

Kedua hal ini mutlak menjadi syarat utama yang harus dipertimbangkan oleh Gubsu sebagai pemegang saham pengendali pemilik PDAM Tirtanadi atas nama pemerintah propinsi Sumatera Utara.

Menurut Muhri Fauzi Hafiz, sejauh ini, sosok Dirut sekarang ,Sutedi Raharjo, merupakan sosok yang pantas untuk diberikan kesempatan untuk memimpin PDAM Tirtanadi ke depan. Sebab, dimasa kepemimpinannya PDAM Tirtanadi sudah memberikan sumbangan PAD kepada pemerintah propinsi Sumatera Utara dimulai tahun 2018 lalu. Ini merupakan suatu prestasi bermartabat yang pantas diberikan penghargaan. Bahkan Saya dengar pada tahun 2019 ini, target PAD yang akan diberikan PDAM Tirtanadi kepada pemerintah propinsi Sumatera Utara menjadi lebih dari 25 milyar rupiah.

Keberanian Sutedi Raharjo sebagi Dirut PDAM Tirtanadi untuk memutuskan memberikan PAD merupakan sikap yang sejalan dengan Gubernur Edy Rahmayadi yang menginginkan BUMD milik pemerintah propinsi Sumatera Utara bisa maju dan mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat. Selama ini, kepemimpinan PDAM Tirtanadi hanya berlindung dalam peraturan kementerian dalam negeri yang ada menyatakan bahwa jika cakupan pelayanan belum mencapai 60 % masyarakat sekitarnya belum ada kewajiban membayar PAD. Namun, Dirut Sutedi Raharjo sudah membuktikan dirinya mampu membawa PDAM Tirtanadi menjadi salah satu penyumbang PAD. Artinya sumbangan PAD ini akan membantu APBD untuk merealisasikan program baik belanja langsung maupun program lainnya yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sumatera Utara. ***