Sabtu, 24 August 2019

Terpantau dari Bilboard Skala Besar

Ketua DPRD Dikucilkan dari Forkopimda Binjai


# lia, binjai

Sebuah Billboard  Forkopimda Binjai yang berada di Jalan Jend Sudirman, Kelurahan Kartini, Kecamatan Binjai Kota, tepatnya di depan Kantor Pemerintah Kota (Pemko) Binjai, terpasang sangat besar.

Namun setelah diamati, Foto yang ada di Billboard besar dengan ucapan "Selamat Menjalankan Ibadah Puasa, Mari jaga kesucian Bulan Ramadhan 1440 H/2019 M dalam Bingkai Persatuan dan Kedamaian" dari Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Binjai, terasa ada yang lain. 

Hal itu telihat dengan tidak adanya foto Ketua DPRD Binjai, H Zainuddin Purba SH, diantara 5 orang yang terpampang di dalam Billboard tersebut. 

Dengan tidak adanya Foto Ketua DPRD Binjai di dalam Billboard tersebut, membuat masyarakat bertanya tanya, ada apa dengan Forkopimda Binjai?

"Kenapa hanya 5 orang saja yang ada. Berarti DPRD tidak termasuk di dalam Forkopimda ya," ucap Syahrul, Warga Binjai yang merasa jika foto di Baliho tersebut seharusnya ada foto Ketua DPRD Binjai. 

Menyikapi hal itu, wartawan mencoba konfirmasi kesalah seorang anggota DPRD Binjai Ambie Suswandi Buana. Menurut Legislator dari Partai Gerindra ini, Pemerintah dan DPRD adalah Mitra Sejajar, dan itu sudah diatur dalam Undang Undang.

"Tentunya menjadi tanda tanya besar bagi kami  Mengapa Pimpinan kami tidak dimasukkan dalam Jajaran Forkopimda Binjai. Sebab, sesuai Undang Undang N0. 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah mengatakan, bahwa Pemerintah dan DPRD adalah mitra sejajar," ucap Ambie, Sabtu (1/6/2019).

Mitra sejajar yang dimaksud, sambung Ambie Suswandi Buana, yaitu dimulai dari aturan hukum. "Kami merasa heran dan tentunya berkecil hati karena Pimpinan kami (Ketua DPRD) tidak dimasukkan dalam  ucapan Selamat menjalankan Ibadah Puasa tersebut, yang mana tertulis dibawahnya Forkopimda Kota Binjai, dan kita ketahui bahwa hal itu menggunakan dana APBD Kota Binjai oleh Pemerintah," beber Ambie. 

Untuk itu, lanjutnya, kami merasa jika mereka sudah tidak mengganggap kami ada. Sebab, hal itu sudah berulang kali terjadi. "Artinya, ini sudah bukan kesilapan, tapi sudah kesengajaan. Kami kecewa, kami sedih. Tidak ada kedewasaan dalam lingkungan Pemerintah Kota Binjai," ungkapnya dengan nada kecewa. 

Atas rasa kecewanya tersebut, Ambie berharap agar rezim ini cepat berlalu dan semoga Walikota Binjai selanjutnya tidak lagi seperti ini.

Diketahui, di dalam Billboard berukuran raksasa itu dan tertulis "Forkopimda Kota Binjai" hanya ada 5 Foto yang terlihat, yaitu Walikota Binjai HM Idaham, Dandim 0203/LKT Letkol Inf Syamsul Alam, Kapolres Binjai AKBP Nugroho Tri Nuryanto, Kepala Kejaksaan Negeri Binjai Victor Antonius Sidabutar, serta Ketua Pengadilan Negeri Binjai Fauzul Hamdi.

Kabag Humas Pemko Binjai Rudi Iskandar Baros yang dihubungi wartawan melalui Whatshap Sabtu (1/6) mengaku tidak tahu. "Kami tidak ada yang buat," ujarnya singkat.***

Foto : Foto skala  besar Forkopimda Binjai, namun Tidak ada Foto Ketua DPRD Binjai. ***