Senin, 17 June 2019

Tak Terima Suaranya Dicurangi Anton Sihombing Lapor ke Bawaslu


# lia, binjai

Anggota DPR RI Anton Sihombing yang juga caleg DPR RI Dapil III Sumut melapor ke Bawaslu Binjai, Kamis (2/5/2019), karena tak terima suaranya dicurangi.Anton melaporkan adanya dugaan pelangaran pemilu.

Anton langsung memasuki ruangan kerja ketua Bawaslu Binjai Arie Nurwanto dan melakukan perbincangan tertutup.

Usai pertemuan, Anton mengatakan kepada wartawan, kehadirannya ke Bawaslu Binjai yakni untuk melaporkan sejumlah dugaan kecurangan yang merugikan dirinya sebagai Caleg dan peserta pemilu, ternasuk temuan C1 yang diduga suara miliknya yang dihilangkan atau dikurangi, ujar Anton.

"Kedatangan kami untuk melaporkan ke Bawaslu Binjai. Ada keganjilan terkait jumlah suaranya cuma 1.400 di Binjai ini. Saya taksir 3.000 lebih. Separuh hilang. Itu warga saja pada heran terkait perolehan suara saya. Padahal sudah sosialisasi berkali-kali. Dulu saja saya nggak jalan kemari suara saya seribu lebih. Ini ulah dari Plt Partai, ADK semua saksi dicakupnya," tukasnya.

Anthon Sihombing juga mengumbar kekecewaan. Katanya, ada oknum pimpinan partai (Plt) di Sumatra Utara yang mencurangi dirinya seakan-akan menghalangi dirinya untuk bisa komunikasi dengan para saksi.

"Saya yakin masyarakat memilih saya. Sebab masyarakat yang melapor kepada saya. Terutama saudara saya yang di Siantar dan Tapanuli. Ini ulah dari Plt ADK. Semua saksi dicakupnya. Ada acara pun kita tidak diundangnya," bebernya.

Anthon Sihombing juga menilai kalau petinggi yang minta jangan disebutkan partainya, yakni menjabat Plt Ketua partai yang berinisial ADK telalu ambisius untuk menjadi anggota DPR-RI. Dirinya pun meminta untuk dilakukanya penghitungan suara ulang.

Anthoni berharap proses laporan yang dilaporkannya ke Bawaslu Binjai segera di proses dan berjalan apa adanya. Tidak hanya di Binjai, laporan serupa juga dilayangkan ke sebagian besar Bawaslu kabupaten/kota se-Sumut.

"Harapan ini segera diproses. Sudah saya surati Bawaslu pusat. Jika langkah ini tidak ada hasilnya, akan kita bawa ke ranah hukum," tandasnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kota Binjai Arie Nurwanto saat mengikuti rapat pleno tingkat Kota Kamis (2/5) sore mengatakan hasil pertemuan dengan Anthon Sihombing terkait menindak lanjuti laporannya sebelumnya. Arie menilai ada permasalahan di internal Partai Anthon Sihombing.

"Tadi pertemuan Dia membawa berkas bukti salinan C1, surat keberatan. Hasil pertemuannya kami menyampaikan bahwasanya itu ada permasalahan internal mereka di antara suara caleg nomor satu dan nomor dua," kata Arie.

"Jadi solusinya, kami menyarankan agar diselesaikan secara internal. Untuk pelanggaran-pelanggaranya kami minta tetap dipenuhi agar bisa kita buktikan, yaitu syarat formil dan materil laporan," terang Arie Nurwanto.***

Foto : Anton Sihombing Saat Dikonfirmasi wartawan di Binjai. ***