Minggu, 5 July 2020

Sukseskan Festival Karnaval Pesona Budaya Danau Toba

DPRDSU Kecewa, Pemprovsu Belum Ajukan Draft P-APBD 2016


# jack, medan

Komisi B DPRD Sumatera Utara mengaku kecewa terhadap Gubsu HT Erry Nuradi sampai saat ini belum menyampaikan draft Perubahan APBD tahun anggaran 2016 ke dewan. Sehingga sejumlah program dan kegiatan daerah bakal mengalami kesulitan anggaran.

"Salahsatunya program atau kegiatan berskala internasional yakni Festival Karnaval Pesona Budaya Danau Toba yang akan dihadiri langsung oleh Presiden Jokowi pada tanggal 20 - 21 Agustus 2016. Kegiatanku berskala nasional itu membutuhkan dana pendampingan dari daerah atau provinsi dalam rangka mensukseskan kegiatanku tersebut,"kata Anggota Komisi B DPRD Sumut dari Fraksi PDI Perjuangan, Jantogub Damanik disela-sela rapat dengan Kadis Pariwisata  Sumut, Elisa Marbun di gedung dewan Jalan Imam Bonjol Medan, Kamis (28/7/2016).

Rapat dipimpin Ketua dan Sekretaris Komisi B DPRD Sumut, Sopar Siburian dan Aripay Tambunan juga dihadiri sejumlah anggoa diantaranya Jantoguh Damanik dan Wasner Sianturi. Pada pertemuan itu, Jantoguh berharap Gubsu segera mengajukan draf APBD Perubahan ke DPRD Sumut, agar dana pendampingan untuk mendukung kegiatanku berskala nasional tersebut bisa dialokasikan.

"Namun melihat waktunya yang sudah sangat dekat, saya berharap pimpinan dewan agar menyetujui adanya dana pendahuluan P-APBD untuk mendukung kegiatan festival Danau Toba tersebut. Sebab kegiatan ini sangat positif dan diyakini menambah pemasukan bagi daerah," sebutnya.

Hal senada disampaikan Wasner Sianturi, berharap Pemprovsu bijaksana dalam mengalokasikan dana untuk membantu dan mendukung kegiatan berskala nasional yang digelar di Sumut. Wasner juga berharap pimpinan nantinya juga menyetujui dana pendahuluan untuk membantu kegiatan Festival Danau Toba tersebut yang nantinya dimasukkan dalam P-APBD 2016.

Permendagri 52/2015

Sementara itu, Sekretaris Komisi B DPRD Sumut Aripay Tambunan juga menyatakan kekecawaan terhadap lambannya eksekutif dalam menyampaikan draf APBD. "Seharusnya eksekutif dalam menyampaikan dan penyusuan APBD mengikuti Permendagri Nomor 52 Tahun 2015. Jika hal ini dipatuhi maka diyakini  kegiatan yang diprogramkan bisa direalisasikan," katanya. 

Sedangkan mendukung kegiatan Festival Danau Toba, Aripay meminta para pemilik dan pengusaha hotel di kawasan Danau Toba agar jangan menaikkan tarif penginapan yang sangat besar. Begitu juga dengan pihak maskapai penerbangan, diharapkan jangan memanfaatkan situasi dengan menaikkan tarif tiket hingga mencekik leher.      

"Ini agenda nasional, jadi kita harapkan pihak maskapai penerbangan jangan memanfaatkan situasi dengan memberlakukan tarif tinggi. Jangan samakan kegiatan ini dengan fix season dalam penentuan tarif tiket penerbangan,"kata politisi PAN ini. ***

    

Ket Foto : Wesner Sianturi dan Yantoguh inzet Sopar Siburian SH