Rabu, 18 October 2017

PTPN-2 Diminta Menghargai Rekomendasi Komisi A


# jack, medan

Terkait semakin meruncingnya masalah pengungsi masyarakat Lau Cih, Deli Serdang, Sekretaris Komisi A DPRD Sumut Sarma Hutajulu mengatakan, pihaknya sudah minta PTPN-2 supaya menghargai rekomendasi hasil Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi A.

"Saya juga sudah minta ke PTPN agar seluruh kesepakatan dalam rapat dipenuhi. Tahapan-tahapan akan terus kita lakukan, diantaranya kunjungan lapangan tanggal 15 untuk melihat secara langsung apa yang sebenarnya terjadi," ujarnya.

Komisi A juga berencana ke Kementerian BUMN untuk melaporkan PTPN II karena tidak menggubris hasil rekomendasi Komisi A DPRD Sumut yang dikeluarkan saat RDP 1 Agustus kemarin. "Dalam rangka itu kita akan melakukan kunjungan ke Kementerian BUMN. Bahwa ini semua terjadi akibat kelalaian mereka juga, mereka menelantarkan lahan itu sekian puluh tahun, sehingga ada peluang masyarakat untuk menempatkan lahan itu," ungkapnya.

Menurutnya, banyak permasalahan yang dilakukan PTPN II diantaranya masalah HGU. "Di sana ada beberapa masalah yang terjadi, apakah boleh HGU beralih menjadi HGB? HGU peruntukannya kan jelas, jika beralih harus ada tahapan yang bisa dipertanggungjawabkan oleh PTPN II. Ini yang nggak bisa ditunjukkan PTPN II saat berapa kali RDP," ujarnya.

Sekali lagi, Sarma minta PTPN II supaya menghargai rekomendasi hasil RDP Komisi A. "Saya juga sudah minta ke PTPN agar seluruh kesepakatan dalam rapat dipenuhi. 

Selama ini PTPN II yang tidak bertanggung jawab atas HGU yang diberikan negara. Jangan mereka beralasan sudah ada kerjasama dengan Perum Perumnas," tambahnya. ***