Minggu, 5 July 2020

PT TPL Dukung Danau Toba Menjadi BOPKPDT

DPRDSU: Jadikan Wilayah Ekowisata Hutan Konservasi


# jack, medan

Komisi B DPRD Sumut ingatkan PT TPL (Toba Pulp Lestari) ikut berperan untuk menjadikan kawasan konservasi hutan serta HTI (Hutan Tanaman Industri) dikawasan Danau Toba menjadi wilayah ekowisata hutan dalam upaya  menyukseskan  Danau Toba menjadi BOPKPDT (Badan Otorita Pengelola Kawasan Pariwisata Danau Toba), sehingga kawasan itu lebih mencakup pada seluruh aspek pengembangan nilai dan sejarah.

Hal itu diungkapkan Sekretaris dan anggota Komisi B DPRD Sumut Aripay Tambunan, Jantoguh Damanik, SSos, Leonard S Samosir dan Jenny R Lucia Brutu, SH kepada wartawan, Rabu (22/6) di DPRD Sumut seusai melakukan rapat dengar pendapat dengan PT TPL dan Dishut (Dinas Kehutanan) Sumut.

Selain itu, tandas Yantogu Damanik, PT TPL juga harus memanfaatkan  dana CSR (Corporate Social Responsibility) untuk melakukan pengembangan kekayaan hutan berupa anggrek hutan sebagai habitat asli tanaman di kawasan Danau Toba serta memperbanyak dan memperkaya jenis  tanaman hutan yang memiliki khasiat pengobatan.

"Kami berharap besar pengelolaan dana CSR lebih diarahkan kepada pembenahan, konservasi hutan menjadi ekowisata kawasan Danau Toba untuk mendukung BOPKPDT dan PT TPL  juga harus mendukung pengkayaan habitat tanaman hutan untuk generasi mendatang. Bila perlu TPL membuat lebel nama dari setiap jenis pohon, agar memberikan pengentahuan baru kepada generasi muda," sebut Jontoguh.

Sementara itu, Jenny R Lucia Berutu dan Leonard Samosir lebih mengendepankan pengembangan tanaman endemik asli Tapanuli, yang telah dikenal sejak lama dan menjadi bagian tanaman kehidupan masyarakat yakni Kemenyan (Haminjon). Melalui pemanfaatan penggunaan dana CSR TPL, diyakini  pengembangan kemenyan di Tapanuli menghasilkan manfaat besar bagi masyarakat dan petani kemenyan serta salah satu ikon untuk menunjang pariwisata hutan.

Sebelumnya  Direktur PT TPL Leonard Hutabarat didampingi Manager Humas Tagor Manik, Humas Chairuddin Pasaribu, Dedy Armaya,  M Reza, Ebenezer Simanullang dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi B  yang dihadiri Dinas Kehutanan Sumut yang diwakili  Kabid Rehabilitasi Hutan dan Lahan Dishut Provsu Ir Lilik Puji Asmono mengungkapkan, PT TPL  memiliki data untuk mendukung distinasi Ekowisata dikawasan Simalungun.

Berkaitan dengan itu, kata  Leonard Hutabarat,  PT TPL sangat mendukung percepatan kawasan Danau Toba  menjadi BOPKPDT dan akan tetap melestarikan situs sejarah yang selama ini telah dipercaya masyarakat Batak. Salah satunya, PT TPL tetap menjaga Sumur (Mual) peninggalan Raja Sisingamangaraja XII, dikawasan sektor Hambinsaran Tobasa.

"TPL tentu siap mendukung pengembangannya, baik destinasi ekowisata maupun dukungan lainnya, karena kita juga diwajibkan dan memiliki hak untuk menjaga lahan yang telah dipercayakan pemerintah untuk dimanfaatkan hasilnya," sebut Tagor Manik seraya megatakan, perusahaan bubur kertas itu siap menyukseskan BOPKPDT. ***