Selasa, 12 November 2019

Persiapan Suksesi Kota Binjai, Timbas Tarigan Dekati PAN


# lia, binjai

Tahun depan, Kota Binjai menggelar Pemilihan Kepala Daerah. H Timbas Tarigan yang saat ini Wakil Wali Kota Binjai, disebut-sebut menjadi salah satu bakal calon (Bacalon) Wali Kota Binjai 2020 mendatang. Sejumlah titik inti ruas kota mulai dihiasi wajah Timbas dengan mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 H. Seperti depan Taman Remaja dan Simpang Tekun (menuju Pasar Kaget).

Tapi Timbas terancam tak memiliki perahu politik. Sebab, Timbas memilih ikut gerbong mantan Presiden PKS, Anis Matta dengan mendirikan organisasi kemasyarakat bernama Gerakan Arah Baru Indonesia. Timbas menjadi Ketua Garbi Sumut.

Pada 2014 lalu, mantan Anggota DPRD Sumut periode 2014-2019 ini, berpasangan dengan HM Idaham dan diusung koalisi Partai Demokrat-PKS. Kini PKS Kota Binjai menyatakan akan mengusung kadernya sendiri. Walau demikian, Timbas diwakili tim mulai jajaki komunikasi politik ke Partai Amanat Nasional. “Timbas sudah menjajaki komunikasi politik kepada kami,” kata Ketua DPD PAN Binjai, Rudi Alfahri Rangkuti, Sabtu (15/6/2019) malam.

Selain Timbas, juga ada Kakanmenag Sumut Iwan Zulhami dan mantan Bacalon Walikota 2014, Juliadi yang menghiasi Kota Binjai. Mereka disebut-sebut juga akan meramaikan Pilkada Binjai. “Baru Timbas sejauh ini, melalui timnya datang, beberapa waktu lalu,” ucapnya.

Dari jumlah 30 kursi DPRD Binjai, Golkar sebagai pemenang dan berhak kursi pimpinan dengan meraih 6 kursi pada Pileg 2019. Diikuti Gerindra 5 kursi dan PDIP 4 kursi. Partai Demokrat, Nasdem, PKS dan PAN masing-masing 3 kursi. Terakhir, PPP 2 kursi serta 1 kursi untuk Hanura.***