Selasa, 2 June 2020

Masa Darurat Covid 19 Diperpanjang:

Ketua DPRDSU Ajak Semua Komponen Bantu Warga Miskin


#jack, medan

Gubsu Edy Rahmayadi dan semua komponen termasuk BUMD dan BUMN yang beroperasi di Sumut dihimbau menyisihkan penghasilannya untuk membantu masyarakat khususnya warga tidak mampu secara bergotong royong dalam menghadapi masa darurat penyebaran covid 19 yang diperpanjang. "Kita menghimbauan sekaligus mengajak semua pihak yang mempunyai kemampuan lebih agar membantu masyarakat dalam upaya meringankan beban warga yang penghasilannya berkurang penghasilan," ujar Ketua DPRD Sumut Drs Baskami Ginting, Jumat (3/4/2020) di ruang kerjanya gedung DPRD Sumut.

Dalam kondisi saat ini, lanjut Baskami, pendapatan masyarakat mulai berkurang, akibat anjuran staf at home, atau berdiam di rumah, sehingga perlu dibantu terutama kebutuhan pokok sehari-hari. "Kebijakan meminta warga diam dirumah ada konsekuansinya yakni warga tidak bisa bekerja," katanya.

Dalam hal ini, katanya lagi, para pengusaha baik BUMD, BUMN maupun pengusaha swasta secara khusus Pemerintah propinsi dan kabupaten/kota, juga DPRD Propinsi dan DPRD Kabupaten/Kota bersama sama bergotong royong untuk meringankan beban warga masyarakat Sumatera Utara.

"Saya yakin dan percaya, kalau kita saling membantu dan mau bergotong royong, semua persoalan seberat apapun pasti dapat teratasi dengan baik, khususnya pemerintah provinsi dalaam hal ini Gubsu agar memberi perhatian serius terhadap warga masyarakat yang saat ini butuh bantuan hidup," ujarnya.

Politisi PDI Perjuangan ini mencontohkan pemerintah Bandung menyalurkan bantuan ke warga tidak mampu yang terdampak pembatasan aktivitas saat pandemi virus corona. "Hal tersebut perlu kita lakukan. Bantuan itu bisa berupa kebutuhan pokok seperti beras, minyak, gula, mi instan dan mengratiskan hal-hal yang selama ini menjadi beban warga masyarakat, seperti pembayaran rekening air dan sebagainya," ujar Baskami.

Bantuan pangan untuk warga terdampak pembatasan aktivitas, sebutnya, dari pemerintah daerah bisa mengalokasikan melalui APBD dan juga bisa dari sejumlah pengusaha yang mengembangkan usaha/bisnis di Sumut melalui CRS nya. ***