Minggu, 5 July 2020

Jangan Lagi dalam Bentuk Kegiatan

DPRDSU Minta Pemprovsu Salurkan BKP Uang Tunai


# jams, medan

Anggota tim XI kunjungan kerja (Kunker) DPRD Sumatera Utara,  Leonard Surungan Samosir  berhap Bantuan Keuangan Provinsi (BKP) disalurkan Pemprovsu ke kabupaten dan kota jangan lagi berbentuk kegiatan atau proyek melainkan dana lansung. "Sebab kabupaten dan kotalah yang tahu kemana dana BKP serta proyek dan kegiatan apa yang harus diprioritaskan. Apalagi, seperti kabupaten Dairi yang tidak terlepas dari Pemkab," kata Leonard Samosir di sela-sela pertemuan Tim XI Kunker DPRD Sumut dengan jajaran pejabat SKPD Pemkab Dairi di Kota Sidikalang, kemarin.

Leonard mengemukakan itu menanggapi keluhan para pejabat eselon Pemkab Dairi,yang mengeluhkan BKP disalurkan dalam bentuk proyek atau kegiatan ,sering tidak sesuai dengan apa yang diharapkan oleh pemkab dan masyarakat. "Selama ini Pemprovsu terkesan tidak mau mengeluarka BKP dalam bentuk dana. Karena kita menduga para pejabat SKPD di Pemprovsu terkesan takut kehilangan bagian proyeknya," kata Leonard.

Sehingga, lanjut Leonard, program BKP yang telah memiliki payung hukum jelas tersebut , mengakibatkan pengelolaannya menjadi tidak efektif di kabupaten dan kota. Apalagi,  lanjut politisi Partai Golkar ini, jika tidak terjalinnya koordinasi yang efektif dengan kabupaten dan kota. 

Terlebih, jelas putera daerah Kabupaten Dairi, pemkab terkesan tidak turut bertanggtungjawab turut bertanggtungjawab dalam pelaksnaan kegiatan. Jadi, jelas Lonard, pihaknya sangat berharap, Pemprovsu dalam menyalurkan BPK nantinya agar dalam bentuk dana saja langsung.  "Karena kita khawatir jika BKP disalurkan dalam bentum kegiatan rawan permainan money politik antara rekanan dan SKPD,  serta proyeknta sering tak menyentuh kepentingan rakyat," katanya. 

Kunker Tim XI tersebut dipimpin Ketua Toni Togatorop, diikuti sejumlah Anggota yakni, Astrayuda Bangun,Jenny Riany Lucia Berutu, Siti Aminah Perangin-angin dan Leonard Samosir. Usai melakukan pertemuan di Aula Pemkab Dairi, Tim Kunker XI meninjau sejumlah proyek yang ada di Dairi bersumber dari BKP, Silpa APBD Sumut 2015. ***