Senin, 20 May 2019

DPRDSU Pertanyakan Spin Off unit Syariah PT Bank Sumut


#jack, medan

Wakil Ketua Fraksi Demokrat DPRD provinsi Sumatera Utara, Muhri Fauzi Hafiz, mempertanyakan rencana aksi PT Bank Sumut untuk segera melakukan spin off unit usaha syariah yang dimilikinya.

"Seingat Saya, waktu di tahun 2016 lalu, ada rencana aksi yang masuk dalam program kerja PT Bank Sumut yang merencanakan proses spin off unit usaha syariah (UUS) akan tuntas dilakukan pada tahun 2018. Namun, sampai tahun 2019 ini, memasuki semester pertama, soal spin off unit usaha syariah PT Bank Sumut, seperti tidak terdengar kabarnya lagi.

Padahal,  salah satu alasan persetujuan DPRD mengesahkan Perda penyertaan modal yang lalu, juga berkaitan dengan agar cepatnya proses spin off unit UUS dilakukan," kata Anggota DPRD Sumut asal daerah pemilihan Binjai dan Langkat ini kepada wartawan melalui telepon selulernya, Senin (14/5/2019).

Muhri Fauzi Hafiz menambahkan dirinya perhatian dengan proses spin off unit usaha syariah PT Bank Sumut karena bisa menjadi solusi bagi peningkatan pendapatan daerah, sebab, memiliki segmen pasar tertentu yang sangat potensial digarap. Selain itu, dengan keberanian melaksanakan prinsip-prinsip syariah di kegiatan perbankan, maka, keberkahan dan keuntungan akan diraih dengan cepat. Terkait persoalan teknis dan operasional tentu jajaran Direksi dan manajemen PT Bank Sumut lebih memahami.

Apalagi soal Bank Sumut Syariah ini juga menjadi visi misi yang tertulis di masa kampanye pasangan Gubernur Edy Rahmayadi dan Wakil Gubernur Musa Rajekshah, sehingga sudah seharusnya proses spin off menjadi prioritas jajaran Direksi dan manajemen PT Bank Sumut. Apalagi saat ini diketahui sedang berlangsung proses seleksi Direktur Operasional PT Bank Sumut, hendaknya nanti siapapun yang akan disetujui oleh Gubernur atas nama pemegang saham pengendali (PSP) PT Bank Sumut, dalam target rencananya ada memastikan proses spin off maupun konversi atau hal lainnya tentang pengembangan unit usaha syariah masuk dalam visi misi calon direktur operasional PT Bank Sumut yang akan datang. (*)