Rabu, 20 March 2019

DPRD Simalungun Minta DPRD Sumut

Perjuangkan Jl. Desa Kerapuh - Desa Nagori Jadi Jalan Propinsi


#jack, medan

Ketua DPRD Simalungun Timbul Jaya Sibarani beserta anggota melakukan audiensi ke DPRD Sumut Jl. Imam Bonjol Medan, Selasa (19/2/2019). Mereka diterima oleh Wakil Ketua DPRD Sumut Aduhot Simamora, Muchrid Nasution, Darwin Lubis, Hidayah Herlina Gusti dan lainnya.

Kehadiran mereka guna menyampaikan aspirasi masyarakat Simalungun tentang peningkatan status jalan yang menghubungkan Desa Kerapuh Kab. Serdangbedagai menuju Desa Nagori Dolok Kec. Silaou Kahean Kab. Simalungun sepanjang 30 Km menjadi jalan propinsi.

"Akses jalan itu dipergunakan sehari-hari oleh masyarakat Simalungun untuk mengangkut berbagai kebutuhan atau mengangkut hasil pertanian dari Simalungun. Namun, jalan di Kerapuh Sergai itu di portal untuk membatasi kendaraan tonase berat, sehingga petani Simalungun kesulitan dalam mengangkut hasil taninya," kata Timbul Jaya Sibarani.

Dia menyebut, portal yang dibuat Kab. Sergai itu hal yang wajar, untuk mencegah kerusakan jalan yang mereka rawat. "Untuk itulah kita minta agar jalan tersebut ditingkatkan statusnya menjadi jalan provinsi, karena itu jalan penghubung antar kabupaten Sergai - Simalungun. Saya rasa sudah pantas menjadi jalan provinsi," imbuhnya sembari mengatakan, Kab. Sergai sudah pernah mengusulkan agar jalan  tersebut jadi jalan propinsi.

Menanggapi hal itu, Anggota DPRD Sumut Muchrid Nasution, kembali mempertanyakan kondisi jalan tersebut, apakah dalam kondisi mantap atau tanah? "Jika masih tanah, maka target Pemprovsu untuk jalan mantap dalam RPJMD bisa berubah," imbuhnya.

Pertanyaan itu dijawab langsung oleh Perwakilan Bappeda Simalungun, yakni jalan tersebut sudah hotmix dan tahun ini akan diaspal kembali.

Sedangkan Darwin Lubis menyebutkan, pihaknya akan mengundang Pemkab Sergai untuk membicarakan masalah tersebut. "Kita akan coba RDP dengan Pemkab Sergai untuk kita perjuangkan. Menurut saya wajar saja mereka membuat portal, untuk membatasi tonase berat," imbuhnya.

Aduhot Simamora mengatakan, DPRD Sumut semampunya akan menampung aspirasi dari daerah. " Saya minta agar lebih intens lakukan komunikasi kepada kita khususnya pada Dapil Simalungun dan komisi yang membahas ini," tambah Wakil Ketua DPRD Sumut tersebut. ***