Sabtu, 24 August 2019

DPRD Desak Gubsu Selesaikan Masalah Tapal Batas di Daerah


#jack, medan

Ketua Komisi A DPRD Sumut, Muhri Fauzi Hafiz, menyampaikan bahwa persoalan tapal batas daerah kabupaten/kota di Sumatera Utara sesungguhnya merupakan salah satu masalah yang harus cepat diselesaikan, karena didalamnya menyangkut kepentingan daerah dan status administrasi kependudukan masyarakat yang bernilai urgensi.

Menurut Muhri Fauzi Hafiz, sebagai perpanjangan pemerintah pusat di daerah, Gubernur harus tanggap dengan permasalahan batas daerah ini. Sebab, jika komitmen antar kepala daerah kabupaten/kota yang berbatasan tidak menemukan kesepakatan maka disanalah Gubernur memfasilitasi agar permasalahan batas daerah ini menemukan solusi.

Dalam kunjungan kerja Komisi A ke kepulauan Nias sejak tanggal 1 sampai 4 bulan Mei, permasalahan batas daerah kabupaten Nias dan Kota Gunung Sitoli sudah sejak 2014 lalu belum juga selesai. Sehingga keadaan ini sangat berpengaruh bagi membangunan daerah. Mulai dari status tanah, aset sampai administrasi kependudukan juga menjadi masalah jika tapal batas daerah masih belum selesai.

Seharusnya dengan rajinnya kegiatan turun ke daerah kabupaten/kota yang sudah dilakukan Gubernur dan Wakilnya, permasalahan batas daerah ini bisa menjadi prioritas.

Muhri Fauzi Hafiz menegaskan bahwa Komisi A DPRD Sumut akan mengundang semua kepala daerah kabupaten/kota yang masih belum selesai masalah batas daerah begitu juga dengan Gubernur melalui OPD yang terkait, supaya masalah tapal batas daerah di Sumatera Utara bisa diselesaikan tahun 2019 ini, ujarnya melalui pesan WhatsApp, Sabtu 4/5/2019. ***