Kamis, 15 November 2018

Bawaslu Tertibkan Ratusan APK Melanggar Aturan di Binjai


# lia, binjai

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Binjai, menertibkan Ratusan Alat Peraga Kampanye (APK) Capres,Caleg Calon DPD yang dinilai melanggar aturan, Kamis (8/11/2018). Penertiban APK berupa baliho, spanduk, Bilboard dan sebagainya dilakukan secara serentak dengan melibatkan petugas Satpol PP, Anggota polisi Kodim 0203/Lkt, dan dua petugas pemanjat.

Menurut Ketua Bawaslu Kota Binjai,Arie Nurwanto, dalam aturannya, peserta pemilu hanya ada tiga, yaitu pasangan calon presiden dan wakil presiden, partai politik yang di dalamnya ada caleg-caleg, serta calon perseorangan atau Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI).

Artinya, kata dia, caleg akan dikoordinir oleh partai politik, bukan sendiri-sendiri, termasuk soal APK.

"KPU telah membuat aturan jelas terkait waktu, bentuk, ukuran, jumlah, dan lokasi pemasangan alat peraga kampanye. Lokasi pemasangan APK merujuk pada surat keputusan KPU dan Pemko terkait lokasi-lokasi yang ditetapkan dan diperbolehkan untuk pemasangan APK," papar Arie.

Sesuai aturan, lanjut Arie, KPU juga memfasilitasi pembuatan APK untuk peserta pemilu dengan bentuk, ukuran dan jumlah sesuai aturan.

Alat peraga kampanye resmi tersebut, kata Ari, sudah di serahkan kemarin dan hingga saat ini belum banyak partai yang memasang spanduk yang sesuai desain KPU, sehingga yang marak saat ini dipastikan bukan buatan KPU.

"Isi konten dalam APK yang dicetak sendiri hanya boleh memuat lambang, nomor urut partai politik, visi misi program, foto pengurus partai, foto tokoh yang melekat pada citra diri partai politik, serta foto dan nama caleg secara keseluruhan. Di luar itu, berarti pelanggaran," kata Arie.

Dijelaskan Arie, 3 hari Sebelum penertiban APK dilaksanakan,Bawaslu Kota Binjai sudah melakukan rakor dengan pengurus parpol peserta Pileg 2019 untuk menertibkan APK yang dipasang di tempat yang tidak sesuai ketentuan. ***

Foto : Ketua Bawaslu Kota Binjai Arie Nurwanto Memberi Arahan Kepada Jajaran Sebelum Melaksanakan Penertiban APK. Brifing tersebut disaksikan komisioner KPU Robbi Effendi dan Mewakili Polres Binjai.