Kamis, 15 November 2018

Timbas Tarigan Deklarasikan GARBI Sumut


#jack, medan

Gerakan Arah Baru Indonesia (GARBI) Sumut di deklarasikan di Ballroom Hotel Madani Medan bertepatan dengan  peringatan hari  Sumpah Pemuda Minggu (28/10/2018).

Tampak peserta  didominasi kaum muda  mengikuti jalanya deklarasi,  sekaligus aksi penggalangan dana kemanusiaan peduli  Gempa Palu dan Danggala.  Dalam sambutanya Ketua GARBI Sumut  H. Timbas Tarigan, SE mengatakan lahirnya organisasi  di dasari dari potensi luar biasa  anak muda  yang membutuhkan  wadah memanfaatkan potensi Pemuda Indonesia.

Dikatakan Timbas , saat ini  GARBI telah terbentuk di sepuluh provinsi dan di  Sumatera Utara sendiri  telah terbentuk di 25 Kabupaten/Kota . "Massanya berisi dari anakmuda yang kami ajak diskusi dan memiliki visi ke depan," imbuhnya.

Untuk pondasi GARBI,  kata  Timbas memiliki empat pilar penyangga yakni Islamis, nasionalis, demokratis  serta sejahtera.  Terkait warna merah dan putih, Timbas mengatakan filosofi yang dibawa organisasinya yakni berani serta suci. "Merah itu berani, putih itu suci, berani jangan yang neko-neko ya, berani secara tulus," ungkapnya.

Menurut Timbas, tidak tertutup kemungkinan  ke depan GARBI berubah menjadi partai politik.  "Saya belum berani menanggapi sekarang, yang penting kami satukan visi dahulu dan ada wadahnya. Masalah ke depan menjadi parpol, kan juga tidak ada yang melarang toh,?" tanya dia.

Sementara itu Inisiator Nasional GARBI, Mahfudz  Siddiq  dalam sambutanya  mengatakan bahwa GARBI merupakan gerakan kebangsaan yang dimotori anak muda guna mendorong Indonesia menjadi kekuatan dunia.

"GARBI ini murni ormas terbuka, kami siap memberikan masukan baik ke pemerintahan pusat maupun daerah," ucapnyaDikatakannya, era keterbukaan knformasi sekarang ini, visi nasionalisme dan wawasan kebangsaan telah mulai luntur, maka GARBI juga bertugas mengawalnya.

Dalam wawancaranya Mahfudz menjelaskan  bahwa banyak aktivis Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang bergabung lantaran   keadaan internal partai serta memiliki visi dan kesamaan ide di GARBI.

“ Saya tidak mengetahui secara jelas penyebab mundurnya kader PKS dari partai tersebut, namun masuknya para kader tersebut ke dalam GARBI merupakan dukungan pada ide arah baru untuk Indonesia,”ujarnya. ***

Foto : Para pengurus GARBI berfoto bersama dengan tamu undangan  yang hadir. ***