Sabtu, 15 December 2018

Sepekan Diguyur Hujan 4 Kecamatan di Asahan Banjir


#jaka, asahan

Setelah sepekan lamanya hujan yang mengguyur wilayah Kabupaten Asahan mengakibatkan 4 Kecamatan terendam banjir setinggi 10 hingga 110 cm. Empat kecamatan itu adalah Kecamatan Sei Dadap, Simpang Empat, Setia Janji dan Pulo Bandring.

Demikian disampaikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten Asahan Safruddin Harahap melalui Kabid Darlog Khaidir Sinaga, Kamis (15-11-2018) di kantornya Jalan A. Yani Kisaran.

Khaidir menyampaikan, bahwa banjir yang melanda permukiman warga akibat guyuran hujan secara terus menerus selama sepekan dan daya serap tanah yang kurang baik sehingga mengakibatkan genangan air di beberapa titik. Selain itu, sistem drainase yang kurang baik juga menjadi penyebab terjadinya banjir.

Khaidir merinci, wilayah terdampak banjir masing-masing Kecamatan Sei Dadap Desa Sei Dadap III/IV ada 3 Dusun (2, 3 dan 5), Kecamatan Simpang Empat Desa Perkebunan Hessa sebanyak 2 Dusun (Dusun 3 dan 4), Kecamatan Setia Janji Desa Sei Silau Tua sebanyak 5 Dusun (Dusun 1, 2, 3, 4, 5) dan Kecamatan Pulo Bandring Desa Tanah Rakyat sebanyak 1 Dusun (Dusun 7).

Terksit hal tersebut, BPBD Kabupaten Asahan telah melakukan pengecekan langsung ke lapangan untuk menginventarisir jumlah KK yang terdampak serta kerusakan sarana infrastruktur.

Selain itu, pihaknya juga mengidentifikasi kemungkinan dampak lanjutan yang terjadi, serta mengimbau warga untuk siaga bencana.

Pihaknya juga, mengirimkan bantuan peralatan berupa perahu fiber sebanyak 1 unit sebagai sarana evakuasi bagi warga di Dusun 2, 3 dan Dusun 5 Desa Perk.Sei Dadap III/IV, mendirikan Posko siaga tanggap bencana bersama perangkat Desa, Forkopimcam Kecamatan terkait dan mengirimkan bantuan logistik sebagai pemenuhan kebutuhan dasar dapur umum.

*KONDISI TERKINI:*

Desa Sei Silau Tua dan Desa Perkebunan Hessa air telah surut total. Sedangkan di Desa Tanah Rakyat berangsur surut malam ini. Dan Genangan air relatif bertahan di Desa Perk.Sei Dadap III/IV.

Khaidir menyebut, kerugian dari wilayah terdampak Desa Perk.Sei Dadap III/IV rumah yang terendam sebanyak 34 KK/RT atau setara 132 jiwa. Kerusakan infrastruktur abrasi berat jalan utama desa, terendamnya 1 unit Sekolah.Dasar Negeri, terendamnya kolam ikan darat seluas 400 m2 dan lahan pertanian warga.

Desa Perkebunan Hessa rumah yang terendam sebanyak: Nihil. Kerusakan infrastruktur abrasi berat jalan utama desa. Desa Sei Silau Tua sebanyak: 100KK/RT atau setara 378 jiwa. Kerusakan infrastruktur abrasi berat jalan utama desa, dan terendamnya kantor Desa dan Desa Tanah Rakyat sebanyak: 37 KK/RT atau setara 115 jiwa. Kerusakan infrastruktur abrasi berat jalan utama desa.

Oleh karena masih adanya warga yang tetap memilih bertahan di rumahnya meskipun rumahnya tergenang air, diimbau warga tetap berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait dengan penanganan penanggulangan bencana lanjutan.***