Rabu, 13 November 2019

Selama 4 Hari Warga Belawan Direndam Banjir Rob


#hendrik-rompas, belawan

Selama 4 hari ini pasang ROB merendam ribuan perumahan warga di kawasan Medan Utara khususnya warga Belawan. Ribuan warga yang rumahnya direndam air pasang ROB tersebut khususnya warga Kecamatan Medan yang terdiri dari 6 Kelurahan di kawasan Uni Kampung,Belawan Lama dan di kawasan kota Belawan seperti Jalan Veteran dan Jalan Sumatera Kelurahan Belawan 1.

Kemudian air pasang ROB merendam ribuan perumahan warga dikawasan Jalan Selebes Kelurahan Belawan ll yang padat penduduknya dan kawasan Kelurahan Bagan Deli maupun dikawasan Kelurahan Belawan Bahari,Kelurahan Sicanang dan di Kelurahan Belawan Bahagia.

Sementara itu dikawasan Medan Marelan dikawasan Jalan Young Panah Hijau,Jalan Ileng dan di Jalan Marelan Raya air pasang ROB juga menggenangi Jalan dan seribuan perumahan warga.

H.Riduan Kamel warga Jalan Selebes Gang 9 Kelurahan Belawan ll mengatakan bahwa ribuan rumah rumah warga dikawasan ini sudah 4 hari direndam air pasang ROB. 

Lain halnya yang dialami warga Jalan Young Panah Hijau Kecamatan Medan Marelan, Darwin Siregar mengatakan bajir ROB ini merendam peremuhan warga berikut isinya. Ini akibat Reklamasi pantai Gabion dan Reklamasi paluh Kurau Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Delu Serdang.

Dulu sebelum adanya Reklamasi dikedua pantai tersebut yang nama air pasang ROB tidak pernah sampai merendam perumahan kami jelas Darwin. Untuk itu kami berharap agar Pemerintah segera mengatasinya agar rumah dan Inpratuktur di Medan Utara ini tudak terkena air pasang ROB lagi. Bagai mana caranya itu terserah kepada Pemerintah. ***

Foto air pasang ROB menggenangi kota Belawan.