Minggu, 8 December 2019

Sambil Berzikir Ribuan Massa GNKR ‘Tumpah’ di DPRD Sumut


#jack, medan

Seribuan pengunjuk rasa dari GNKR Sumut (Gerakan Nasional Kedaulatan Rakyat – Sumatera Utara), ‘tumpah’ di depan Gedung DPRD Sumut Jalan Imam Bonjol Medan. Massa menggelar aksi unjuk rasa damai selepas menunaikan Sholat Ashar berjamaah di depan Gedung DPRD Sumut, Jumat (24/5/2019).

Ketua GNKR Sumut Rabualam Syahputra, kembali berorasi. Dalam orasinya Rabualam mengatakan, massa untuk tidak takut jika aksi yang mereka lakukan berunjung bentrok dengan aparat kepolisian. Jika bentrok tak terhindari, Rabualam menginstruksikan massa untuk lari ke Lapangan Benteng di depan Gedung DPRD Sumut.

“Kita meminta kepada Dandim untuk membuka gerbang Lapangan Benteng jika bentrok terjadi. Dan kita meminta TNI untuk membela massa aksi yang merupakan masyarakat Indonesia,” teriak Rabualam di atas mobil komando diikuti teriakan takbir massa aksi.

Tak lama berselang, dari atas mobil komando orator mengajak massa aksi untuk melantunkan zikir yang sering dikumandang almarhum Ustadz Arifin Ilham. Lantunan zikir seketika berkumandang di tengah-tengah kerumunan massa.

Walau sempat terjadi insiden kecil pada siang harinya, namun secara umum aksi berjalan damai. Sejumlah massa sempat ‘menguber’ seorang pria yang mengambil foto/video aksi demo dari dalam gedung salah satu bank tidak jauh dari lokasi demo.

Dengan sigap sejumlah aparat kepolisian dan TNI mengamankan situasi dan tidak sampai terjadi hal-hal tidak diinginkan. Hingga pukul 21.00 WIB demonstran juga melakukan Sholat Isa dan tarawih di mesjid terdekat. ***